Widget HTML Atas

Cerita Motivasi Kenari dan Puyuh

Happy Sunday teman pustaka, PPKM Darurat di weekend membuat kita gak bisa kemana-mana nih. Tapi gak perlu galau dan bingung karena dengan mengunjungi blog ini akan membuat hatimu ceria. Ada banyak sekali cerita-cerita motivasi dengan pesan moral di dalamnya seperti cerita kenari dan puyuh ini.

Burung Kenari dan Burung Puyuh adalah sahabat karib. Mereka selalu menghabiskan waktu bersama. Mulai dari  bermain sampai mencari makan, mereka selalu bersama-sama. Suatu hari, mereka tengah makan bersama di bawah pohon.

“Panasnya hari ini. Paling enak berteduh di dalam sarangku yang nyaman,” keluh Burung Kenari.

“Udara hari ini sangat cerah, kok. Paling enak tiduran di sarangku sambil menikmati hangatnya sinar matahari," ucap Burung Puyuh, tak setuju dengan perkataan Burung Kenari.

“Mana mungkin sarangmu nyaman? Sarangmu kan ada di bawah, tak ada pelindungnya pula. lebih enak sarangku,” bantah Burung Kenari.

“Itu tidak benar! Sarangkulah yang paling nyaman!” seru Burung Puyuh, tak mau kalah.

Kedua sahabat itu pun saling adu mulut. Mereka menganggap bahwa sarang masing-masinglah yang paling nyaman. Tak Iama kemudian, Burung Perkutut datang. la menghampiri keduanya, dan menanyakan apa yang terjadi. Keduanya pun menjelaskan kepada Burung Perkutut.

“Oh, begitu rupanya. Mengapa kalian tak coba menginap semalam di sarang masing-masing? Semalam di sarang Kenari, malam berikutnya di sarang Puyuh,” kata Burung Perkutut yang bijaksana.

“Benar juga. Kita bisa tahu sarang siapa yang paling nyaman.” Kedua sahabat itu pun setuju.

Malam harinya, Puyuh menginap di sarang Kenari. Letaknya di atas pohon yang tinggi. Puyuh pun harus bersusah payah naik ke atas. Saat malam, tiba-tiba turun hujan. Untunglah, mereka tidak kehujanan karena sarang Kenari yang tertutup. 

Malam berikutnya, giliran Kenari yang menginap di sarang Puyuh yang ada di tanah. Olala, dari sarang Puyuh, Kenari bisa melihat langit malam yang dipenuhi bintang. Sungguh, pemandangan yang sangat indah. Saat udara panas pun, mereka tak kepanasan. Esok harinya, mereka menyadari sesuatu. 

Ya! Sarang mereka mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak seharusnya mereka sombong dan saling membanggakan sarang mereka. Burung Kenari dan Burung Puyuh pun kembali menjadi sahabat karib.

Pesan moral yang terkandung dalam cerita ini adalah kita harus saling menghargai kelebihan dan kekurangan seseorang. Kita tidak boleh terlalu membanggakan diri sendiri dan merendahkan orang lain karena setiap orang punya peranannya masing-masing.

loading...

1 comment for "Cerita Motivasi Kenari dan Puyuh"

Post a Comment