Widget HTML Atas

Sudut Pandang Psikologi Film My Idiot Brother

Dari dulu aku suka nonton film-film buatan Indonesia. Terutama film berlatar belakang yang diangkat dari cerita nyata. Salah satu film yang aku suka adalah My Idiot Brother. Menurutku, sudah banyak orang sih yang menonton film kaya makna ini. Mungkin kamu salah satunya.

Film ini bercerita tentang 2 saudara kakak beradik. Kakak laki-laki bernama Hendra dan si adik perempuannya bernama Angel. Hendra adalah anak yang tumbuh berkebutuhan khusus disebabkan ada kelainan pada selaput otaknya dan memunyai kepadatan otak berbeda dari orang normal.

Sudut Pandang Psikologi Film My Idiot Brother
Source : Wikipedia

Anak berkebutuhan khusus

Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang memiliki perbedaan dengan anak-anak secara umum atau rata-rata anak seusianya. Anak dikatakan berkebutuhan khusus jika ada sesuatu yang kurang atau bahkan lebih dalam dirinya.  Mereka yang digolongkan pada anak yang berkebutuhan khusus dapat dikelompokkan berdasarkan gangguan atau kelainan pada aspek :
  • Fisik/motorik
  • Kognitif
  • Bahasa dan bicara
  • Pendengaran
  • Penglihatan, dan 
  • Sosial emosi
Ada banyak hal yang menjadi penyebab anak menjadi berkebutuhan khusus. Masing-masing terbagi menjadi tiga periode. Penyebab anak berkebutuhan khusus yang pertama adalah pada masa periode sebelum kelahiran. Kedua, selama proses kelahiran. Terakhir, setelah kelahiran.

Penyebab anak berkebutuhan khusus

Periode sebelum kelahiran

Pada masa ini kelainan pada anak terjadi di dalam kandungan. Terkadang, ibu tidak menyadari akan hal ini. Penyebabnya bisa berasal dari gangguan genetika, infeksi kehamilan, pengguguran, dan masih banyak lagi faktor lainnya. 

Para ibu diharapkan harus lebih memperhatikan kehamilannya untuk memperkecil resiko ini terjadi. Selama proses kehamilan, ibu harus menjaga kesehatan diri dan bayinya. Caranya dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan jangan terlalu berat beraktivitas. 

Periode selama proses kelahiran

Faktor penyebab kedua anak menjadi berkebutuhan khusus ini terjadi pada saat proses melahirkan. Semua ibu pasti menginginkan melahirkan dengan cara normal dan lancar. Namun sebagian orang ada yang mengalami masalah ketika proses melahirkan.

Kelainan pada anak bisa disebabkan jika ibu melahirkan anaknya secara prematur, kurang oksigen, dan kelahiran yang memakan waktu lama (Anoxia). Kelahiran prematur adalah kelahiran anak yang prosesnya lebih awal dibandingkan seharusnya sehingga bayi belum sepenuhnya siap untuk terlahir.

Periode setelah kelahiran

Perlu ibu ketahui, setelah melewati kedua periode itu kesehatan bayi belum bisa dikatakan aman. Ada faktor lain yang bisa menyebabkan bayi berkebutuhan khusus yang bisa disebabkan karena infeksi, kecelakaan, bahkan kekurangan gizi atau makanan.

Di film My Idiot Brother, kakak mengalami keterlambatan dalam perkembangan otak. Aspek kelainan yang terjadi pada kakak ini adalah aspek kognitif. Kakak mengalami kesulitan bicara dan kemampuan berpikir yang lama. Sewaktu masih kecil, ia juga mengalami kesulitan berjalan.

Meskipun kakak mempunyai banyak kekurangan. Kakak memiliki hati yang baik dan penyayang terhadap adiknya. Ia membuktikan rasa sayangnya dengan bersedia membawa susu kepada si adik. Saat si adik pergi menghadiri acara ulang tahun temannya yang bernama Aji, tanpa diketahui kadonya tertinggal.

Kakak yang melihat kado adik tertinggal di kamar berusaha dengan keras untuk mengantarkannya. Kebaikan hati kakak terhadap adiknya adalah salah satu kelebihannya. Masih ada kelebihan dari kakak yang belum diperlihatkan. Karena kakak adalah titipan spesial oleh Tuhan yang punya banyak kelebihan lainnya.