New Normal Indonesia. Persiapkan Mental Anda

Saat ini seseorang harus mulai merelakan kehidupannya di masa lalu sebelum corona datang. Meskipun hal ini sebenarnya kurang bisa diterima oleh masyarakat secara luas. Keadaan ini dikhawatirkan akan mendapat respon mendadak dari masyarakat.

Kehidupan baru yang akan dijalani oleh masyarakat disebut dengan istilah "The New Normal". Dilansir dari Kompasiana.com, Istilah 'New Normal' pertama kali digunakan oleh Roger McNamee, "seorang investor teknologi," yang mengulas dalam sebuah artikel oleh Polly LaBarre berjudul "The New Normal" di majalah Fast Company pada tanggal 30 April 2003.

New Normal Indonesia. Persiapkan Mental Anda
Source: pixabay.com

Menurut Roger McNamee, yang menciptakan istilah, 'New Normal' atau Normal Baru adalah suatu waktu dimana kemungkinan besar Anda bersedia bermain dengan aturan baru untuk jangka panjang. Dalam 'New Normal' atau Normal Baru, lebih penting untuk melakukan hal-hal yang benar daripada menyerah pada tirani urgensi.

Persiapkan mental Anda!

Untuk menghadapi tatanan hidup baru, kita harus siap secara mental. Ada banyak tatanan sosial yang berubah baik itu sesuai dengan kehendak diri kita atau malah sebaliknya. Apapun itu kita harus mempersiapkannya dari sekarang.

Menurut Selo Soemardjan, Perubahan sosial adalah perubahan-perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat. 

Tekanan pada definisi tersebut terletak pada lembaga-lembaga kemasyarakatan sebagai himpunan pokok manusia, perubahan-perubahan mana kemudian mempengaruhi segi-segi struktur masyarakat lainnya.

Menyikapi perubahan dengan bijak

Jangan diambil stress, pokoknya segala sesuatunya dibawa santai saja. Yang terpenting sekarang adalah saatnya kita bisa melakukan adaptasi dengan lingkungan yang baru. Memang hal ini tidak diinginkan, namun kita harus melakukannya.

Ingat, tubuh itu merespon sesuatu yang baru setiap harinya. Dari situlah, kita bisa belajar mengenai stimulus-stimulus yang datang kepada kita. Dengan semakin banyaknya stimulus yang masuk, maka kita akan lebih berpengalaman.

Tatanan sosial yang baru di Indonesia terjadi bukanlah tanpas sebab. Perlu kita ketahui pandemi corona ini bukanlah virus yang dapat hilang dalam waktu singkat. Corona akan selamanya ada, wabah ini tidak akan hilang namun hanya mereda.

Manusia setiap harinya berevolusi, mungkin saat ini kita akan merasakan evolusi yang secara besar-besaran. Menurut teorinya Charles Darwin yang berbicara bahwa Jerapah dulu juga ada yang berleher pendek. Namun mereka mati karena tidak bisa menjangkau makanan pada pohon yang tinggi.

Akankah manusia juga akan mengalami hal itu? Mereka yang bisa menjaga diri dengan baik akan mempunyai kelangsungan hidup lebih panjang. Sedangkan yang tidak bisa menjaga kesehatan tidak akan bertahan hidup.

Teka-teki seperti ini tidak bisa di bahas dalam waktu yang singkat. Biarkan waktu yang menjawab semua ini. Hal yang harus kita lakukan adalah bagaimana kita bisa berlangsung hidup di tatanan hidup yang baru. Caranya adalah dengan beradaptasi.

Apa itu adaptasi?

Bersumber dari wikipedia.org, Adaptasi adalah cara bagaimana organisme mengatasi tekanan lingkungan sekitarnya untuk bertahan hidup. Organisme yang mampu beradaptasi terhadap lingkungannya mampu untuk: memperoleh air, udara dan nutrisi. mengatasi kondisi fisik lingkungan seperti temperatur, cahaya dan panas.

Manusia harus bisa menggunakan pikirannya dalam mengatur tingkah laku. Mengenali diri dalam hal ini sangat penting untuk dilakukan. Cobalah kamu belajar memahami diri bagaimana kelebihan atau kekurangan yang ada pada diri sendiri.

Jika kamu sudah bisa memahami diri dengan baik. Saya rasa untuk bisa beradaptasi di lingkungan baru sangat mudah dilakukan. Berpikir positif pada setiap keadaan, bertindak dengan hati-hati serta belajar dari pengalaman.

Saya rasa segitu saja yang dapat disampaikan kali ini. Bahasan lebih lanjut akan di bahas di artikel saya selanjutnya. Jadi, ikuti terus perkembangan blog ini. Jaga mental anda karena tubuh yang sehat berasal dari pikiran yang sehat pula. Thank you
loading...

No comments for "New Normal Indonesia. Persiapkan Mental Anda"