Tak Hanya Merusak Otak, Ponsel juga Menyebabkan Stroke Mata


Halo sobat gadgeters, apakah ponsel menjadi bagian dari separuh hidupmu? Perlu kamu ketahui ponsel sangat berbahaya bagi kesehatan.

Tak hanya berbahaya bagi kesahatan otakmu saja. Namun, ada hal yang lebih mengerikan yaitu masalah kesehatan mata (stroke mata).

Pengaruh ponsel tentu jelas dapat mempengaruhi kecerdasan otak. Orang yang sering menggunakan ponsel memiliki penurunan daya ingat.

Jika kamu terlalu lama menatap ponsel akan terasa pusing kan? Di saat itu juga saraf-saraf yang ada di otakmu merasa lelah.

Selain saraf yang ada di dalam otak, saraf mata juga mengalami gangguan. Gangguan kesehatan mata yang sangat mengerikan adalah stroke mata.

Penyebab utama orang terkena stroke mata adalah terlalu sering menatap ponsel sebelum tidur dengan keadaan lampu mati.

Oleh karena itu, sobat gadgeters harus berhati-hati. Supaya tidak terkena penyakit stroke mata yang sangat menakutkan.

Cahaya ponsel yang mengarah ke mata. Sebagai pemicu utama sumbatan di pembuluh mata. Hal ini bisa menyebabkan kebutaan sementara.

Jika pandanganmu terasa kabur setelah bermain ponsel. Segera periksakan diri ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

Penyumbatan pada pembuluh matamenyebabkan oksigen tidak bisa masuk ke retina mata. DI retina mata terjadi proses pengiriman stimulus menuju otak.

Di era industri 4.0 ini perkembangan teknologi sudah semakin maju. Manusia tidak bisa dipisahkan dengan benda elektronik bernama ponsel.

Namun semakin majunya teknologi menyebabkan masalah kesehatan. Dan lebih mirisnya lagi penyakit ini menyerang generasi muda.

Hal ini tidak hanya berdampak pada kualitas generasi muda sekarang. Namun juga berdampak pada kemajuan negara Indonesia.

Oleh karena itu saya menyarankan untuk selalu berhati-hati. Karena kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Terutama untuk generasi muda.

Generasi muda sendiri adalah penerus bangsa. Bagaiamana kelanjutan nasib negeri ini ditentukan oleh kalian. 

Sangat disayangkan apabila generasi penerus bangsa tidak mampu menghadapi pengaruh luar yang berbahaya.

Ponsel memang mempunyai peranan sangat penting bagi kehidupan jika digunakan sebagai mana mestinya. 

Namun ponsel juga bisa jadi penyebab berbagai masalah kesehatan yang sangat mengerikan dan susah untuk diobati.

Tidak ada salahnya menggunakan ponsel. Karena ponsel merupakan alat untuk mengakses informasi dan sumber ilmu pengetahuan.

Yang terpenting adalah menggunakan ponsel dengan cara yang bijak. Jangan mau dijadikan budak oleh ponsel. Tapi kamu lah yang seharusnya menjadikan ponsel sebagai budakmu.

Ada beberapa cara bijak dalam menggunakan ponsel. Ingat hal penting ini, gunakan ponsel seperlunya saja.

1. Gunakan untuk Membantu Aktivitasmu
Instal aplikasi ponsel seperlunya saja. Tidak perlu semua aplikasi diinstal. Terlebih lagi aplikasi game yang membuat rasa candu.

Boleh menginstal satu game untuk hiburan. Namun kamu harus menggunakannya di waktu senggang saja.

Lebih baik sibukkan diri dengan aktivitas lain. Dibandingkan dengan bermain game sepanjang hidup tanpa mengenal waktu.

2. Gunakan untuk Berbagi Aktivitasmu
Berbagi hal-hal yang menarik dalam hidupmu sangat mudah dilakukan sekarang. Karena ada banyak media sosial yang berkembang saat ini.

Upload status yang menurutmu bermanfaat ke media sosial. Hal ini dapat membuat teman-temanmu tahu keadaanmu sekarang.

Terkadang ada teman yang mengomentari aktivitas yang kamu lakukan lewat media sosial. Hal ini tentu dapat menjaga tali silaturahmi diantara kalian.

3. Tinggalkan Ponsel sebelum Tidur
Ketika kamu mau tidur lebih baik letakkan ponsel sejauh mungkin darimu. Sampai kamu sendiri tidak bisa menjangkaunya ketika tidur.

Jika hal ini tidak dilakukan, kamu akan bermain ponsel dan melupakan waktu tidurmu. Padahal besok ada aktivitas yang harus dilakukan di pagi hari.

Jangan lupa pasang alarm di ponsel. Supaya besok pagi kamu dapat bangun dengan tepat waktu dan menjalani hari dengan produktif.

Kesimpulan
Kehadiran ponsel sangat membanti kehidupan manusia. Namun disisi lain, ponsel menjadi penyebab utama masalah kesehatan.

Tidak hanya kesehatan otak saja. Ada masalah kesehatan lain yang mengerikan yaitu stroke mata. Penyakit ini banyak menyerang generasi muda.

Ada cara efektif untuk mencegah penyakit ini, yaitu dengan menggunakan ponsel dengan bijak. Jangan pernah gunakan ponsel sepanjang hari.

Hanya gunakan ponsel seperlunya saja. Hindari penggunaan ponsel sebelum tidur dalam keadaan lampu mati.

Menjaga kesehatan itu merupakan hal yang sangat penting. Karena mencegah itu lebih baik dibandingkan dengan mengobati. 

1 Response to "Tak Hanya Merusak Otak, Ponsel juga Menyebabkan Stroke Mata"

  1. Ternyata dampak cahaya ponsel terhadap kesehatan terutama mata sangat berbahaya. Terkadang kalau main game sampai lupa berapa lama waktu cuma buat main. Makasih min udah berbagi informasi,mulai saat ini saya harus mengontrol sebaik mungkin dalam penggunaan ponsel.

    ReplyDelete