Manfaatkan Momen Mengesankan Ketika Jadi Orang Tua


Menjadi orang tua merupakan tugas yang sangat besar. Hal ini tidak boleh disepelekan karena dapat berdampak buruk bagi kehidupan anak selanjutnya. 

Jika melihat kebelakang apakah semua hal yang telah kamu lakukan sebagai orang tua itu sudah benar? Jangan sampai diri kamu menyesali perbuatan yang telah dilakukan terhadap anak-anakmu dahulu.

Kehidupan terbaik bagi anak merupakan harapan semua orang tua. Dimana semua orang tua menginginkan anaknya untuk hidup lebih baik dan unggul dibandingkan dengan mereka. 

Jika anak bisa mengungguli orang tuanya maka mereka akan sangat bangga. Dengan demikian, berbagai upaya dilakukan oleh orang tua demi kebaikan anaknya.

Setiap orang tua punya cara masing-masing dalam mendidik anak. Ada orang tua yang mendidik anaknya dengan disiplin tinggi supaya anaknya patuh dan hidupnya teratur. 

Namun ada pula orang tua yang mendidik anaknya dengan cara membiarkannya memilih jalannya sendiri tanpa ada paksaan dari orang tua.

Sejatinya dua hal yang telah dijelaskan diatas merupakan hal yang sangat berbeda. Dengan pola asuh orang tua yang terlalu memaksakan kehendak anak dapat membuat anak menjadi terkekang. 

Dan terkadang potensi yang dimiliki oleh anak tidak dapat dikembangkan dengan baik. Seakan-akan hidup anak diatur sepenuhnya oleh orang tuanya.

Berbeda dengan pola asuh orang tua yang membiarkan anaknya bebas memilih sesuai dengan kehendaknya. Anak akan menjalani kehidupannya sesuai dengan hal yang disukainya. 

Dengan begitu, mereka dapat menjalani kesehariannya dengan tenang dan bahagia. Disini anak akan belajar rasa tanggung jawab di setiap hal yang menjadi pilihannya.

Ada beberapa tips untuk menjadi orang tua yang baik. Semuanya akan dibahas dalam tulisan ini dengan padat dan jelas. Manfaatkan momen-momen mengesankan saat menjadi orang tua. 

Karena momen-momen mengesankan itu tidak akan pernah terulang kembali. Dan momen-momen mengesankan itu hanya kamu dapatkan ketika menjadi orang tua.

Jangan lewatkan kesempatan saat menjadi orang tua. Bekali anak-anakmu dengan hal yang baik. Berikan mereka kasih sayang yang tulus dan cukup. 

Lakukan hal-hal berikut ini sewaktu jadi orang tua kepada anak-anakmu. Jangan sampai momen mengesankan ketika jadi orang tua tidak dimanfaatkan dengan baik.

1. Bangun Komunikasi yang Baik dan Mendalam pada Anak
Waktu adalah hal yang tidak bisa diulang kembali. Nikmatilah waktu kamu menjadi orang tua untuk tetap dekat dengan anak-anakmu. Tidak cukup dengan dekat secara fisik atau jasmani saja. 

Namun kamu juga harus dekat dengan mereka secara psikis serta emosionalnya. Orang tua harus tahu dengan baik kebutuhan psikis dari anaknya.

Bangun komunikasi yang baik dengan anak-anak secara mendalam. Karena anak-anak butuh orang yang mau mendengar keluh kesah yang sedang dihadapinya. 

Orang tua adalah tokoh yang tepat untuk dijadikan teman curhat bagi anak. Hal ini akan lebih baik dilakukan untuk menumbuhkan rasa percaya anak kepada orang tua.

Jika orang tua melewatkan kesempatan ini, maka anak akan tetap merasa canggung terhadap orang tuanya. Walaupun anak lahir dari rahim orang tuanya namun kedekatan diantara mereka akan kurang begitu terasa. 

Hal ini dikarenakan sebagai orang tua kurang memanfaatkan kesempatannya untuk membangun kedekatan dengan anaknya.

2. Dokumentasikan Kegiatanmu Bersama Anak
Hal ini sangat penting dilakukan oleh orang tua. Mengingat waktu yang terus berjalan dan tidak bisa terulang kembali. Momen-momen berharga antara orang tua dan anak harus diabadikan di setiap waktu. 

Jika ada kerinduan akan momen-momen itu tinggal lihat kumpulan album-album foto maupun video yang telah diambil/direkam sebelumnya.

Kebanyakan orang tua mungkin akan menyesal jika tidak melakukan hal ini. Mereka tidak bisa mengenang saat pertama anaknya dilahirkan. 

Lalu kapan dia mulai pertama kali merangkak dan berjalan. Hal-hal ini kedengarannya sangat sepele namun bila dikenang dapat memberikan kesan bahagia bagi orang tua.

Jika anak-anakmu sudah besar nanti cobalah bahas foto-foto kenangan bersamanya. Hal ini tentu akan menambah kehangatan hubungan antara orang tua dan anak. 

Dan bagi anakmu yang sudah tumbuh besar akan tahu bagaimana lucunya saat dia masih kecil. Hubungan yang seperti ini begitu hangat kan?

3. Berikan Anak Hak untuk Memilih dan Berpendapat
Jangan pernah membesarkan anak-anak dengan cara dikekang. Pendapat dari anak harus didengarkan dengan baik. Jangan memutuskan kehendak anak melalui orang tua. 

Jika tidak, anak akan tumbuh menjadi orang yang kurang percaya diri. Mereka akan merasa semua hal yang dilakukannya itu salah.

Biarkan saja anak-anak mengeluarkan pendapat dan pikirannya. Mendiskusikan keinginan anak itu jauh lebih baik jika dibandingkan dengan mengabaikan pendapat anak. 

Jangan batasi potensi dan kesukaan yang ada pada anak-anak. Karena hal itu dapat menghambat kemampuan dan tumbuh kembang anak.

Dalam mendidik anak juga diperlukan sikap yang tegas dari orang tua. Jangan semua hal yang diinginkan oleh anak harus dituruti dengan cepat. 

Turutilah kemauan anak jika hal itu benar-benar baik olehnya. Dan jangan takut untuk membatasi dan melarang anak jika hal yang dilakukannya itu tidaklah baik.

4. Tunjukan Kasih Sayang Tulus kepada Anak
Bagi orang tua harus sesering mungkin menunjukan rasa kasih sayangnya kepada anak. Hal ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana yaitu dengan pelukan. Pelukan orang tua sangat penting bagi anak. 

Dimana anak-anak akan merasa sangat senang jika dipeluk oleh orang tuanya. Dengan sering diberikan pelukan oleh orang tuanya anak akan merasa aman karena ada orang yang selalu memperhatikannya.

Namun terkadang orang tua jarang memperhatikan akan hal ini. Mereka jarang memberikan pelukan kepada anaknya. 

Hal inilah yang membuat orang tua menyesal jika anaknya sudah tumbuh besar dan menjadi orang yang sikapnya kurang baik. Seperti halnya anak yang tidak menuruti perkataan orang tuanya.

Dengan sering memberikan pelukan pada anak dapat membuat hubungan batin antara anak dan orang tua semakin dekat. 

Nikmati momen-momen kebersamaan ketika jadi orang tua bersama anakmu. Tunjukan kasih sayang yang nyata pada anak. Seolah-olah kamu memberikan harapan yang besar pada anak-anakmu.

5. Sering Memainkan Permainan Kreatif Bersama Anak
Terakhir, cara membuat hubungan anak dengan orang tua supaya semakin kuat adalah dengan sering ikut bermain dengannya. Orang tua bisa memainkan permainan kreatif bersama anak. 

Jika orang tua dan anak sering bermain bersama, maka orang tua dapat mengetahui potensi yang ada pada anaknya. 

Berikan anak permainan yang berbeda setiap harinya. Hal ini dapat membuat anak menjadi orang yang kreatif dan menguasai banyak hal. 

Jika orang tua sudah mampu melihat bakat dan potensi yang dimilki anak maka kemampuan tersebut harus segera dikembangkan. Jangan sampai anak kurang maksimal mengembangkan potensi dan bakat yang dimilikinya.

Dengan mengembangkan bakat dan potensi yang dimiliki anak sejak dini dapat membuatnya lebih mudah menghadapi kehidupan selanjutnya. 

Kemungkinan mereka ketika sudah besar tidak akan merasa kebingungan. Karena segala hal sudah dikenali dan dikembangkan sejak kecil. Dan ketika mereka sudah besar tinggal mematangkan bakat dan potensi yang dimilkinya saja. 

6 Responses to "Manfaatkan Momen Mengesankan Ketika Jadi Orang Tua"

  1. Selama ini aku kurang menghabiskan waktu bersama anak. Aku sangat menyesali hal ini

    ReplyDelete
  2. kok malah jadi baper ya min.. doakan cepet nikah ya biar cpet punya mmongan

    ReplyDelete
  3. jadi orang tua itu harus super, super sibuk nyari rizki, super segala gala nya, deh...hehe

    ReplyDelete
  4. Sudah banyak waktu yang terbuang sampai² saya lupa menghabiskan waktu bersama anak saya :'(

    ReplyDelete
  5. Jadi sedih, banyak waktu terbuang untuk memebrsamai anak2. jauh dari anak-anak dan jarang bersama karena lagi di perantauan

    ReplyDelete
  6. Sangat bermanfaat sekali. Jadi tahu bagaimana caranya mendidik anak dan membagi waktu bersama anak

    ReplyDelete