Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak dengan Pojok Baca di Rumah


Keterampilan pada anak harus diasah sejak kecil. Perlu orang tua ketahui, bahwa anak memiliki kemampuan belajar yang sangat tinggi.

Berbagai macam hal baru dapat mereka pahami dengan cepat. Contohnya ketika orang tua sedang mengobrol dengan orang lain si anak dapat nimbrung dalam obrolan.

Hal itu menunjukan bahwa anak sangat cepat dalam menangkap informasi yang diterimanya. Perlu didikan yang baik dari orang tua supaya keterampilan anak cepat berkembang.

Memberikan pengajaran pada anak itu sangat mudah dan sederhana. Namun seringkali hal ini diabaikan dan disepelekan oleh orang tua.

Akibatnya semuanya akan terlambat. Anak akan minim keterampilan jika dibandingkan dengan mereka yang menerima pendidikan dengan baik sejak dini.

Memberikan pendidikan kepada anak dengan cara yang kreatif lebih baik dilakukan. Sehingga anak jadi lebih memiliki niat untuk belajar.

Dengan niatan belajar yang tinggi pada anak dapat mempermudah proses selama belajar. Karena semua hal dapat berjalan dengan baik jika diawali dengan tekad atau niat yang tinggi.

Salah satu cara kreatif dalam memberikan pendidikan kepada anak adalah dengan membuat pojok baca di rumah. Sebenarnya apa sih pojok baca itu?

Pojok baca sendiri merupakan suatu tempat di sudut ruangan yang digunakan anak-anak untuk membaca. Dimana di tempat itu terdapat rak yang berisi buku-buku bacaan.

Buku-buku itu bisa saja tentang pendidikan atau ilmu pengetahuan. Tujuannya adalah supaya anak memiliki minat gemar membaca dan daya pikir yang pintar.

Ada istilah membaca adalah jendela dunia. Maknanya adalah dengan membaca buku maka banyak ilmu pengetahuan di seluruh penjuru dunia akan didapatkan.

Tentu membaca memiliki manfaat yang sangat besar bagi kehidupan seseorang. Oleh karena itu, sangat baik jika orang tua membekali anak dengan minat gemar membaca.

Semakin banyak buku yang sudah dibaca, maka akan semakin banyak pula pengetahuan yang didapatkan. Perlu adanya usaha supaya bisa jadi orang yang benar-benar berilmu.

Rasa ingin tahu yang tinggi pada seseorang dapat di pecahkan dengan membaca. Sangat jelas jika orang yang gemar membaca juga memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Orang yang cerdas bukanlah mereka yang sudah memiliki banyak wawasan. Namun orang yang cerdas adalah orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Karena semakin tinggi rasa ingin tahu seseorang maka akan semakin tinggi pula usahanya untuk belajar. Dan mencari tahu kebenaran dari hal yang ada dalam pikirannya.

Di era sekarang ini anak harus mempunyai kemampuan literasi yang tinggi. Tingginya kemampuan literasi pada anak membuatnya mampu bersaing dalam hidupnya.

Siapa yang mempunyai keterampilan lebih unggul maka dialah yang akan menang. Sebaliknya, orang yang keterampilannya rendah maka akan cenderung kalah dalam persaingan.

Dari waktu ke waktu persaingan dalam hidup akan semakin berat. Hanya orang-orang dengan kompetensi tinggi yang mampu bertahan.

Perlu orang tua ketahui, bahwa tidak selamanya anda bersama anak. Ada kalanya anak harus lepas dari sisi orang tuanya. Saat itulah anak harus benar-benar mandiri.

Dengan langkah bijak dari orang tua, tentu hal ini tidak perlu dipermasalahkan. Karena orang tua merasa sudah cukup membekali anaknya untuk kehidupan selanjutnya.

Sebelum semua terlewat dan berakhir dengan penyesalan. Lebih baik orang tua mengikuti saran yang ada di artikel ini. Yaitu mendidik anak dengan kreatif sejak usia dini.

Kesimpulannya adalah bekali anak dengan minat gemar membaca. Memang kedengarannya hal ini sepele, namun hasilnya sangat terlihat ketika anak sudah besar.

Lebih baik orang tua membekali anak dengan ilmu dan pengetahuan. Daripada membekali mereka dengan harta atau uang. 

Karena dengan ilmu dan pengetahuan, mampu menghasilkan harta sangat berlimpah dibandingkan dengan yang dimiliki sekarang.

Dan terakhir yang tidak kalah penting juga adalah kalau ilmu dan pengetahuan itu tidak akan habis. Dari waktu ke waktu justru semakin maju dan berkembang.

Lain halnya dengan harta yang kian habis jika dipakai terus-menerus. Sekarang orang tua sadar kan, betapa pentingnya ilmu dan pengetahuan itu.

2 Responses to "Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak dengan Pojok Baca di Rumah"

  1. memang sudah semestinya anak yang masih belia harus di didik untuk lebih giat dalam membaca .. karena apa? sebagian ilmu itu banyak dari membaca... dan sayangnya di era modern ini tidak sedikit anak yg malas membaca .. justru malah suka main gadget..😭

    ReplyDelete
  2. memanglah sudah seharusnya adak yang sedang belia harus sangat didik untuk lebih giat rajin dalam membaca, sebab sebagian ilmu itu banyak di temukan dari membaca, tetapi sayang karena di era zaman sekarang ini budaya membaca sangatlah minim

    ReplyDelete