Cara Menjaga Otak Tetap Sehat dan Bekerja Optimal


Perlu kamu ketahui bahwa otak sendiri menjadi pusat perintah dari pikiran, perasaan, dan perilaku manusia. Otak manusia terdapat dua bagian yaitu otak bagian kanan dan otak bagian kiri. Masing-masing bagian otak pada manusia memiliki fungsi serta peranan yang berbeda satu sama lain. 

Masing-masing fungsi otak kanan dan otak kiri mendukung seluruh kinerja tubuh secara keseluruhan. Antara otak bagian kanan dan otak bagian kiri sangatlah mirip. Namun ada perbedaan yang sangat mencolok diantara keduanya yaitu terkait cara kerjanya yang sangat unik. 

Otak kanan dan otak kiri yang mempunyai fungsi berbeda sangat mendukung seseorang dalam menjalankan kinerja tubuhnya. Masing-masing orang mempunyai kinerja tubuh yang berbeda-beda. Hal ini dapat dipengaruhi oleh otak bagian manakah yang dominan bekerja dalam mempengaruhi kinerja tubuh manusia.

Otak Kiri
Sering kita mendengar bahwa jika orang yang berotak kiri, mereka cenderung dikatakan sebagai orang yang analitis dan metodis dalam pemikirannya. Hal ini disebabkan karena otak kiri lebih verbal, analitis, dan teratur dibandingkan dengan otak kanan. Orang yang otak kirinya lebih dominan akan mempunyai kemampuan lebih baik dalam hal membaca, menulis, dan berhitung.

Adapun penjelasan lain dimana otak kiri bertanggungjawab untuk mengendalikan sisi kanan tubuh. Otak bagian kiri disebut juga sebagai sisi otak yang lebih akademis dan logis. Fungsi dan peran otak kiri sangat berhubungan degan logika, pengurutan, matematika, dan merangkai kata.

Otak kiri sendiri lebih aktif dalam memproduksi kemampuan bicara pada seseorang. Kemampuan mengarang dan merangkai kata-kata dalam pembicaraan dengan orang lain dominan dilakukan oleh otak kiri. Sisi otak bagian kiri lebih banyak terlibat dengan perhatian pada dunia internal daripada eksternal.

Otak Kanan
Lain halnya dibandingkan dengan otak kanan. Orang yang berotak kanan, mereka cenderung dikatakan sebagai orang yang artistik dan kreatif. Otak kanan sendiri lebih visual dan intuitif. Adapun otak kanan sendiri memiliki cara berpikir yang lebih kreatif dan kurang terorganisir.

Otak kanan pada manusia mengatur fungsi tubuh bagian kiri. Adapun otak kanan sendiri sangat berhubungan dengan imajinasi, seni, intuisi, dan irama. Emosi pada diri manusia juga diekspresikan melalui otak bagian kanan. Jadi, pengendalian emosi pada diri manusia sangat dipengaruhi oleh kinerja otak kanan yang baik.

Setelah mengetahui masing-masing kinerja otak kanan dan otak kiri, kali ini kita akan membahas mengenai fungsi otak kanan dan otak kiri yang saling bekerja sama. Seperti yang kita tahu bahwa meskipun otak kanan dan otak kiri berfungsi secara berbeda. Namun mereka berdua saling bekerjasama dan melengkapi satu sama lain.

Seseorang tidak mungkin bisa hanya menggunakan satu sisi otaknya sekaligus. Baik itu secara khusus hanya menjalankan fungsi logis maupun kreatif. Tetap pada dasarnya manusia menerima kedua masukan dari otak kanan dan kiri saat bekerja.

Sebagai contoh seperti ini, jika otak bagian kiri berfokus untuk menyelesaikan persoalan matematika. Sedangkan otak bagian kanan membantu menyelesaikan persoalan dengan perkiraan angka kasar, jika hasil dari penyelesaian matematika berbentuk bilangan pecahan. Dalam hal ini tentu kedua bagian otak saling bekerja sama satu sama lain kan.

Menjaga Otak Tetap Sehat
Otak merupakan organ dalam pada manusia yang harus selalu dijaga kesehatannya. Hal ini tentu untuk menghindari masalah kepikunan dini pada diri seseorang. Kunci untuk menjaga kesehatan otak adalah dengan menjaga otak tetap aktif bekerja. Hal ini perlu dilakukan untuk membentuk sel-sel baru sebagai pengganti sel-sel lama yang telah rusak.

Menjaga otak tetap sehat itu sangat mudah. Namun hal ini akan terasa sulit jika seseorang belum mengetahuinya. Bagi orang yang ingin mengetahui cara menjaga otak agar tetap sehat silahkan simak penjelasan berikut ini dengan baik. Budayakan baca dari awal sampai akhir dengan teliti agar informasi yang diperoleh bisa maksimal.

1. Gunakan Waktu Luang untuk Membaca
Dengan kamu menggunakan waktu luang untuk membaca maka otakmu setiap harinya akan selalu dalam keadaan bekerja. Hal ini tentu sangat baik untuk dilakukan karena seperti seseorang yang menginginkan tubuh sehat maka setidaknya setiap hari harus berolahraga. Hal ini juga berlaku demikian untuk otak, dimana jika mereka digunakan setiap hari maka akan semakin baik pula.

Namun hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai waktu dalam bekerja menggunakan otak. Jangan sampai otakmu merasa kelelahan akibat dipaksa terus-menerus untuk bekerja. Ketahuilah dengan baik batas kinerja otakmu. Jangan pernah memaksakan kinerja otak karena bisa menyebabkan otakmu terkena gangguan.

2. Melakukan Aktivitas yang Melibatkan Otak
Ada banyak sekali aktivitas yang melibatkan otak. Misalnya seperti memecahkan teka-teki silang, bermain sudoku, memecahkan rubik, dan bermain catur. Kamu bisa melakukan hal-hal tersebut untuk melatih kinerja otakmu supaya dapat bekerja semakin baik. Upayakan untuk selalu melatih otakmu bekerja setiap harinya.

3. Olahraga Fisik yang Teratur
Tidak hanya latihan berpikir saja. Otak dapat berfungsi dengan baik jika seseorang rutin melakukan latihan fisik. Dengan memilki tubuh yang sehat dan bugar maka kemampuan memori verbal pada otak manusia dapat bekerja dengan baik pula. Oleh karena itu, jangan pernah sia-siakan waktu luangmu. Lebih baik isi waktu luangmu untuk berolahraga.

4. Perhatikan Nutrisi Makanan dengan Baik
Jangan lupa untuk selalu memperhatikan nutrisi makanan yang kamu konsumsi. Hindari konsumsi makanan cepat saji yang dapat membahayakan kesehatan otakmu. Ingat, makanan 4 sehat 5 sempurna diusahakan harus kamu konsumsi setiap hariya. Tujuanya adalah untuk memberikan energi internal pada diri kamu.

2 Responses to "Cara Menjaga Otak Tetap Sehat dan Bekerja Optimal"