Makanan Aman Tinggi Kalori Penambah Berat Badan Bayi


Pustaka Psikologis – Kali ini kita akan berbicara tentang tumbuh kembang si kecil. Sejak bayi dilahirkan maka bayi akan ditimbang berat badannya. Proses menimbang berat badan bayi ini juga dilakukan terus menerus dalam skala waktu tertentu.

Tujuan utama dari menimbang berat badan bayi adalah untuk memonitor tumbuh kembangnya. Jika berat badan bayi mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Tentu hal ini merupakan tanda adanya problem pada tumbuh kembangnya. 

Perlu bunda ketahui bahwa bayi sangat membutuhkan banyak asupan gizi untuk tumbuh kembangnya. Kebutuhan gizi tersebut meliputi kalsium, vitamin, dan kalori. Kebutuhan gizi pada masing-masing bayi pun beragam. Hal ini dipertimbangkan berdasarkan berat badan lahir serta kondisi medisnya.

Oleh karena itu, bunda harus memahami jenis-jenis makanan yang baik untuk menunjang gizi si kecil. Jangan sampai si kecil kesayangan bunda mengalami kekurangan gizi. Tetunya kasihan kan jika hal itu terjadi. Berikut ini akan kami sajikan sumber-sumber kalori yang aman buat si kecil. 

1. Pisang
Salah satu jenis buah ini sangat bagus buat gizi si kecil. Karena buah pisang sendiri mengandung banyak kalori, kalsium, dan vitamin yang bagus buat tumbuh kembang si kecil. Buah pisang sendiri mengandung jumlah kalori sebesar 88 kalori. Selain itu, buah pisang juga mengandung vitamin A, D, B12 serta kalsium.

Kelebihan lain dari buah pisang selain mengandung banyak gzi adalah mudah didapatkan. Buah jenis ini pasti sudah sangat familiar di telinga masyarakat. Harga buah pisang sendiri juga terbilang cukup murah. Sehingga tidak akan mengorek terlalu banyak uang di kantong bunda. 

2. Telur 
Telur ini sangat bagus untuk tumbuh kembang si kecil. Karena telur sendiri mengandung protein, vitamin, mineral, potasium, dan zat besi. Telur tidak hanya bermanfaat bagi tumbuh kembang anak. Namun juga baik untuk perkembangan otak si kecil. Jenis makanan ini bisa mencerdaskan otak si kecil dan membuat kinerja otaknya optimal.

Yang perlu diingat bunda adalah untuk selalu sabar dan kreatif dalam meyajikan makanan kepada si kecil. Jangan sampai si kecil bosan karena hidangan makanannya cuma itu-itu aja. Tentunya ada banyak hal olahan makanan kan yang bisa dibuat dari bahan telur ini. 

3. Singkong
Untuk menambah berat badan si kecil dengan aman, tentu singkong memiliki banyak khasiat untuk si kecil. Hal ini dikarenakan makanan ini mengandung karbohidrat, vitamin A, D, serta B12 yang bagus bagi tumbuh kembang si kecil. Dan pastinya makanan ini bisa dibuat bermacam-macam olahan dengan mudah.

Sederhanya singkong bisa dijadikan olahan dengan cara dihancurkan secara lembut. Setelah itu, singkong bisa langsung diberikan kepada si kecil. Jika si kecil merasa makanan ini kurang sedap, maka bunda bisa mengkreasikannya lebih lanjut lagi. Misalnya dengan diberi pewarna alami supaya menarik. Dan diberi pemanis alami agar ada varian rasanya.

4. Alpukat
Buah yang satu ini bisa dibilang sebagai buah yang kaya akan vitamin, lemak, dan serat yang baik untuk pencernaan bayi. Alpukat juga mengandung kalori sebesar 160 kalori per buah. Hal ini tentu sangat baik kan buat tumbuh kembang si kecil. Terutama untuk menambah kenaikan berat badannya.

Tidak hanya itu, buah alpukat memilki tekstur yang lembek. Hal ini tentu akan mempermudah bayi dalam mecerna makanan tersebut. Cara penyajian buah ini cukup mudah dan sederhana. Bunda bisa langsung saja memberikan buah ini pada si kecil atau mengolahnya terlebih dahulu menjadi jus.

0 Response to "Makanan Aman Tinggi Kalori Penambah Berat Badan Bayi"

Post a Comment