Waspada, Aktivitas Ini Dilarang untuk Dilakukan Sesudah Makan


Makan adalah kebutuhan pokok semua manusia. Rata-rata orang makan sebanyak tiga kali sehari. Namun tidak memungkiri bahwa ada orang yang dapat makan lebih dari tiga kali sehari. Ada pula sebagian orang yang mengurangi jumlah makannya dalam sehari karena diet.

Sehabis makan seseorang akan melanjutkan kembali aktivitasnya. Namun yang perlu diketahui adalah ada berbagai macam aktivitas yang tidak boleh dilakukan setelah makan lho. Jangan pernah menyepelekan hal ini. Karena kesehatan pencernaanmu dapat terganggu jika menyepelekannya.

Langsung saja kita bahas apa saja aktivitas yang tidak boleh dilakukan sehabis makan. Supaya bisa memahami maksud tulisan ini dengan baik maka bacalah dari awal sampai akhir. Dan setelah mengetahui hal tersebut apakah sekarang masih mau melakukannya?

1. Merokok
Aktivitas merokok baik sebelum dan setelah makan itu sudah pasti berbahaya bagi kesehatan. Namun jika merokok dilakukan setelah makan akan lebih membahayakan kesehatan terutama kesehatan pecernaan. 

Hal ini dikarenakan semua gizi yang berada dalam makanan tidak dapat diserap dalam tubuh. Sedangkan tubuh akan menyerap nikotin yang terkandung dalam rokok. Asap rokok yang ditelan dari tenggorokan akan lebih cepat sampai ke dalam pencernaan dibandingkan makanan. Ngeri bukan?

2. Tidur
Kondisi badan setelah makan itu kerap mengalami rasa ngantuk. Hal ini disebabkan karena tubuh bekerja keras dalam mencerna makanan yang masuk ke dalam lambung. Jika rasa ngantuk ini dituruti maka seseorang akan tertidur dengan pulas. Namun jika hal itu dilakukan akan membuat masalah kesehatan.

Masalah kesehatan umum yang dapat ditimbulkan adalah obesitas. Kenaikan berat badan berlebih ini bisa ditimbulkan karena makanan tidak dicerna dengan baik oleh tubuh sebagai sumber energi. Alhasil makanan tersebut menjadi lemak yang menumpuk pada tubuh.

Sebaiknya setelah makan lebih baik duduk sebentar terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya makanan benar-benar sudah dicerna oleh tubuh. Estimasi waktu istirahat tersebut berkisar 2 hingga 3 jam. Setelah waktu tersebut terlewat maka kamu bisa tidur.

3. Mandi
Ada sebagian orang yang melakukan aktivitas mandi setelah makan. Padahal sebenarnya hal ini tidak boleh dilakukan. Ada berbagai macam masalah pencernaan yang ditimbulkan jika hal tersebut dilakukan. Yaitu metabolisme tubuh akan berjalan lambat. Ketika mandi temperatur pada tubuh akan mengalami perubahan. 

Oleh karena itu, tidak disarankan jika mandi dalam keadaan cuaca yang panas. Lebih baik kondisikan tubuh kamu terlebih dahulu sebelum mandi. Akibat perubahan temperatur itu tubuh akan lebih berkonsentrasi mengatur suhu tubuh daripada mencerna makanan. Tentu hal ini akan menyebabkan masalah pada pecernaan.

4. Lari
Jika setelah makan kamu melakukan aktivitas lari maka hal ini akan membuat tubuhmu merasa tidak nyaman. Aktivitas di dalam perut akan terganggu dan timbulah rasa tidak nyaman. Hal ini dapat membuat kamu mual dan muntah-muntah. 

Perlu diketahui kalau tubuh tidak bisa bekerja secara maksimal dalam banyak aktivitas. Supaya tubuh dapat bekerja secara maksimal maka fokuskan satu aktivitas saja. Bagaimana mungkin tubuh bisa mengurangi kalori dan mencerna makanan secara bersamaan. Tentunya mustahil bukan? Ada problem yang pasti terjadi disitu.

5. Berkendara
Pada saat berkendara tubuh harus benar-benar dalam keadaan optimal. Jika tidak, hal ini akan membahayakan diri sendiri. Maraknya kasus kecelakaan tidak lain disebabkan karena pengendara yang ceroboh dalam berkendara di jalan umum.

Untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik jangan makan terlalu banyak ketika mau berkendara. Biarkan makanan dicerna secara sempurna terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu bisa berkendara dengan penuh konsentrasi dan aman. Karena mecegah itu lebih baik bukan?

1 Response to "Waspada, Aktivitas Ini Dilarang untuk Dilakukan Sesudah Makan"

  1. Bahaya juga ya kalo tidur sehabis makan. Aku kalo sehabis makan seringnya ngantuk. Dan gak sengaja ketiduran.huhuh

    ReplyDelete