Cara Pintar Berhemat dalam Rumah Tangga


Membangun keluarga yang bahagia bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah asalkan kita mengetahui cara-caranya. Yang terpenting adalah ketika kamu membangun sebuah keluarga harus didasari dengan rasa sayang yang tulus. Dengan rasa sayang yang tulus maka semua beban maupun masalah dapat ditanggung dengan sukarela secara bersama.

Hal yang sering membuat konflik dalam keluarga salah satunya adalah masalah ekonomi. Dimana pengeluaran yang tidak seimbang dengan pendapatan. Cara mengatasi hal ini cukuplah mudah yaitu dengan berhemat. Berhemat merupakan cara yang sangat mudah untuk dilakukan. Karena berhemat dapat dilakukan oleh siapa saja asalkan punya tekad yang kuat.

Perlu kamu ketahui bahwa berhemat sendiri itu ada ilmunya lho. Kamu harus mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mempraktikannya. Hal ini bertujuan agar kamu tidak salah langkah dalam melakukan penghematan. Ilmu berhemat akan dijelaskan secara detail dalam tulisan ini. Jadi, jangan lupa membaca dengan teliti dari awal sampai akhir ya..

Ada empat hal yang harus dilakukan supaya kamu bisa berhemat. Yang pertama adalah dengan membeli barang bekas rumah tangga, menghibur diri dengan cara sederhana, menabung untuk biaya rumah, dan yang terakhir adalah melakukan pekerjaan rumah dengan mandiri. Ilmu-ilmu berhemat ini harus dilakukan dalam rumah tangga mengingat semakin tahun biaya hidup makin meningkat.

1. Membeli Barang Bekas Rumah Tangga
Tidak ada salahnya kan kalau kita membeli barang bekas. Namun yang perlu diperhatikan adalah kondisi dan kualitas barang tersebut harus benar-benar dalam kondisi masih bagus. Hal ini tentu akan menghemat pengeluaran dalam membeli perabot rumah tangga. Dengan begitu, uangnya bisa ditabung untuk keperluan lainnya.

Sekarang untuk mencari barang bekas dan berkualitas itu sangat mudah. Hal ini dikarenakan dengan kemajuan teknologi, kamu dapat mencari barang sesukamu di internet. Mulai dari barang bekas yang harganya murah sampai mahal sekalipun. Untuk menghindari penipuan, sebaiknya kamu memeriksa barang yang akan dibeli terlebih dahulu.

Karena terkadang jika kamu tidak memeriksanya, bisa jadi harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Yang perlu diingat adalah untuk selalu berhati-hati dalam membeli barang bekas. Cek secara keseluruhan barang tersebut dengan teliti. Jangan hanya melihat tampilan luarnya saja yang masih bagus namun sisi lain yang tidak terlihat juga harus diperiksa.

2. Menghibur Diri dengan Sederhana
Perlu kamu ketahui bahwa leiburan itu tidak selamanya mahal. Pasti dalam pikiran kalian saat ini sedang bertanya-tanya kan? "Kok bisa", Tenangkan diri kamu karena disini akan menemukan jawabannya. Semua permasalahan pasti ada jalan keluar alternatifnya kan. Begitu juga dengan liburan pasti ada jalan alternatifnya juga dengan biaya rendah namun tetap menyenangkan.

Hal yang sangat menyenangkan adalah jika seluruh anggota keluarga bisa berkumpul dan bermain bersama. Nah itu kuncinya, hiburlah diri kamu dengan berkumpul dan bermain bersama keluarga. Sebagai contoh, kamu bisa menaruh tikar dihalaman rumah untuk duduk santai bersama. Lalu cobalah untuk membuat masakan sederhana diluar ruangan.

Ini seperti kegiatan berkemah sederhana dalam ruang lingkup rumah tangga. Karena hal yang terpenting adalah kebersamaan. Dengan kebersamaan yang erat tentu akan menimbulkan rasa bahagia satu sama lain. Saat berkemah dihalaman ini kamu sekeluarga bisa bergantian memanggang sosis, bermain monopoli, dan bercerita bersama satu sama lain.

3. Menabung untuk Biaya Rumah
Rumah merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Karena rumah sendiri membutuhkan biaya yang lumayan besar untuk perawatan, perbaikan, maupun renovasi. Jika rumah kamu rusak maka kamu bersama keluarga akan tinggal dimana? Ini adalah pertanyaan sederhana bagi kamu yang tidak memperhatikan hal ini.

Sayangi rumahmu seperti kamu menyayangi keluargamu. Jika tanpa rumah maka keluargamu tidak memiliki tempat untuk berlindung dari panasnya matahari dan dinginnya hujan. Jika kamu benar-benar menyayangi keluargamu maka kamu akan menjaga mereka dengan sangat baik. Tidak mungkin ada hal sedikitpun yang dibiarkan untuk membuat mereka terluka.

Dengan kamu bersama keluarga berhemat dan menjalankan program menyisihkan uang untuk biaya rumah dapat membuat hidup kalian bertahan lebih sejahtera. Karena segala kemungkinan buruk yang mungkin akan terjadi sudah dipersiapkan lebih awal. Jika kemungkinan buruk itu terjadi maka kamu sudah punya modal untuk menyelesaikannya. Dan jika kemungkinan buruk itu tidak terjadi, modal yang telah dikumpulkan bisa digunakan untuk keperluan lainnya yang lebih bermanfaat.

4. Melakukan Pekerjaan Rumah secara Mandiri
Ilmu terakhir yang harus kamu pelajari ini merupakan hal yang sangat penting. Ini adalah salah satu kunci utama supaya kamu dapat menghemat pengeluaran rumah tangga. Coba bayangkan jika kamu tidak mandiri dalam melakukan pekerjaan rumah. Tantu hal ini akan membuat pembengkakan biaya dalam rumah tangga.

Sebagai contohnya seperti ini, kamu harus melakukan pekerjaan rumah tangga dengan mandiri tanpa adanya asisten rumah tangga. Jika kamu di rumah memiliki asisten rumah tangga, maka kamu otomatis akan membayar mereka setiap bulan. Lalu secara tidak sadar uang hasil bekerja hanya untuk membayar mereka selama  ini.

Lebih baik lakukan pekerjaan rumah tangga sendiri untuk menghemat pengeluaran. Misalnya dengan membeli bahan masakan ke pasar, kemudian memasaknya, lalu mencuci alat-alat makan dan pakaian. Tak lupa juga untuk membersihkan isi rumah dan halaman. Sebenarnya hal ini sangat mudah kan untuk dilakukan. Ingat, jangan pernah merasa malu terhadap tetangga jika kamu percaya hal yang dilakukan itu baik.

3 Responses to "Cara Pintar Berhemat dalam Rumah Tangga"

  1. Cara cara sudah bagus gan tapi sayang, saya sendiri blm berumah tangga 🤣. Mungkin untuk kedepannya baru bisa saya praktikkan kalau sdh berumah tangga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha baper nih si agan.. saya juga blm berumah tangga nih hhii

      Delete