Cara Ampuh Menguasai Pelajaran Hitungan


Pelajaran hitungan seringkali menjadi hal yang menakutkan bagi pelajar. Kebanyakan dari mereka membenci pelajaran ini. Padahal, sebenarnya pelajaran ini merupakan pelajaran yang sangat penting. Dimana dalam hal ini mereka dituntut untuk menyelesaikan persoalan berupa angka. Dengan demikian, mereka akan terbiasa berpikir keras dan menemukan berbagai jalan untuk memcahkan masalah.

Penyebab mengapa pelajaran ini tidak disukai salah satunya adalah karena mereka kesulitan memahami pelajaran tersebut. Semakin kamu membenci pelajaran ini maka kamu akan semakin sulit mempelajarinya. Cobalah sekarang kamu mulai mencintainya supaya nanti bisa dengan mudah memahami pelajaran hitungan. 

Jika kamu sudah memahami dengan baik pelajaran hitungan pasti akan ketagihan deh. Karena pelajaran hitungan itu asik lho. Ikuti tips-tips belajar hitungan ala pustaka psikologis kali ini ya. Budayakan untuk membaca dari awal sampai akhir dengan teliti. Tujuannya adalah supaya kamu benar-benar memahami tulisan ini dengan baik. Lalu setelah itu jangan lupa dipraktikan.

1. Duduk di Bangku Paling Depan
Mulai sekarang jika kamu sedang belajar materi hitungan cobalah untuk duduk di bangku paling depan. Hal ini ada tujuannya lho yaitu supaya kamu benar-benar bisa dengan jelas melihat papan tulis. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah memahami materi yang dijelaskan oleh guru. Karena belajar hitungan itu diri kita harus benar-benar berkonsetrasi dengan penuh.

Lain halnya jika kamu memilih untuk duduk di bangku belakang. Tentu akan ada banyak godaan yang mengganggu konsentrasimu dalam belajar. Terkadang ada teman di sebelahmu yang suka mengajak ngobrol. Bahkan ada juga kalau duduk di bangku belakang itu merasa ngantuk. Memang benar, bangku bagian belakang adalah salah satu tempat ternyaman untuk tidur bagi pelajar. Lebih baik hindari bangku belakang ini ya.

2. Berani Bertanya jika Kurang Paham
Jangan takut atau malu untuk bertanya jika ada hal yang kurang kamu pahami. Jika kamu bertanya hal-hal yang kurang paham, tenang saja karena tidak akan dimarahi oleh guru. Malah mereka akan senang jika ada siswanya yang bertanya. Itu menandakan bahwa mereka aktif dan memiliki keinginan tinggi untuk tahu ketika belajar.

Lebih baik bertanya langsung kepada guru daripada bertanya ke teman di sebelahmu. Karena temanmu juga belum tentu paham dengan materi yang dijelaskan oleh guru. Maka dari itu, lebih baik bertanyalah langsung kepada sumbernya. Yaitu guru yang menerangkan materi karena dia lah yang benar-benar menguasai materi tersebut.

3. Catatlah Hal yang Penting
Catatlah hal yang penting ketika kamu belajar. Karena otakmu tidak mungkin bisa menerima materi langsung secara penuh. Usahakan kamu dengan teliti selalu memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru. Supaya hal-hal penting yang kamu catat tidak terlewat sedikitpun. Tujuannya agar kamu bisa mengulang kembali materi yang dijelaskan oleh guru.

Hal yang perlu diperhatikan adalah catatlah materi ketika guru memberikan waktu untuk mencatat. Jangan mencatat ketika guru sedang menjelaskan. Karena hal ini akan membuat kamu susah berkonsentrasi. Bagaimana mungkin kamu bisa melakukan dua aktivitas sekaligus. Yaitu memperhatikan penjelasan guru dan menulis. Tentu hal ini akan sulit untuk dilakukan.

4. Tingkatkan Kemampuan dengan Sering Latihan Soal
Kunci sukses supaya kamu bisa menguasai pelajaran hitungan yaitu dengan sering berlatih soal. Jika kamu sudah paham satu materi namun jarang dipraktikan, maka materi yang sudah dikuasai akan lupa. Ujilah kemampuanmu dengan sering berlatih mengerjakan soal-soal baru supaya kamu dapat menguasai materi dengan baik.

Jika guru kamu sering memberikan tugas maka kerjakanlah sebaik-baiknya. Jangan anggap tugas yang diberikan oleh guru sebagai hal yang menakutkan. Tujuan guru memberi tugas kepada siswanya itu sangatlah baik. Yaitu supaya siswa sering berlatih mengerjakan soal sehingga mereka dapat benar-benar menguasai materi dengan baik.

0 Response to "Cara Ampuh Menguasai Pelajaran Hitungan"

Post a Comment