Cara Alami Mengeluarkan Dahak Bayi dengan Mudah dan Aman


Pustaka Psikologis - Bayi masih rentan terkena penyakit. Penyakit yang secara umum menyerangnya adalah pilek. Biasanya jika bayi terkena pilek diiringi dengan masalah dahak pada hidung. Hal ini tentu menyebabkan bayi kesulitan untuk bernafas. Bagi orang tua yang sangat menyayangi anaknya tentu tidak akan membiarkan hal ini.

Orang tua tidak perlu cemas akan hal ini. Karena masalah tersebut sebagian besar tidak menimbulkan masalah kesehatan yang serius.  Namun hal ini tidak boleh disepelekan. Jangan sampai orang tua acuh mengenai hal ini. Orang tua harus belajar cara mengeluarkan dahak pada bayi.

Sebelum membahas mengenai cara-cara mengeluarkan dahak pada bayi, orang tua perlu tahu apa saja penyebab-penyebab dahak. Hal ini perlu dipelajari supaya orang tua dapat melakukan penanganan yang tepat ketika bayi terkena gangguan tersebut.

Penyebab yang utama mengapa bayi bisa terkena dahak adalah karena adanya infeksi pernapasan. Karena hidung pada bayi itu sifatnya sensitif. Maka jika ada sesuatu yang tidak cocok lalu masuk pada hidung bayi akan memberikan perlawanan. Kejadian ini lalu menyebabkan dahak pada bayi.

Infeksi pernapasan yang terjadi pada bayi bisa disebabkan karena alergi terhadap perubahan musim. Lebih jelasnya lagi disebabkan oleh suhu lingkungan yang tidak sesuai dengan tubuh bayi. Keadaan ini memungkinkan hidung bayi untuk menghasilkan banyak lendir.

Setelah orang tua tahu macam-macam penyebab dahak pada bayi. Sekarang saatnya kita membahas cara-cara yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk mengatasi dahak tersebut. Setelah membacanya, para orang tua bisa mempraktekannya langsung pada si kecil.

1. Menghisap Hidung Bayi
Ketika bayi mengalami kesulitan bernafas ini disebabkan karena banyaknya lendir pada hidung bayi. Bayi tentu tidak bisa mengeluarkan lendir mereka sendiri. Perlu bantuan dari orang dewasa untuk mengeluarkan lendir tersebut. Cara ini bisa dilakukan secara alami yaitu dengan menghisap hidung bayi untuk menarik lendir tersebut keluar.

Namun sebaiknya jangan melakukan hal ini pada bayi terlalu sering. Karena hal tersebut dapat menyebabkan iritasi pada  hidung bayi. Masalah ini jika tidak diperhatikan akan lebih serius. Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah ketika menghisap lendir pada hidung bayi harus dilakukan secara perlahan dan hati-hati untuk membuat bayi merasa tetap aman.

2. Menekan Hidung Bayi
Manusia dicipatkan dengan 2 rongga hidung. Masing-masing memiliki fungsi dan peranan yang sama yaitu untuk bernapas. Tentu mereka berdua saling berhubungan sangat erat. Jika satu sisi rongga hidung bermasalah maka rongga hidung yang lainnya pun ikut bermasalah. Oleh karena itu, tidak cukup dengan mengatasi satu rongga hidung saja namun harus dua-duanya.

Cobalah untuk menekan secara perlahan satu sisi hidung yang pertama terlebih dahulu. Secara perlahan tekan dari atas ke bawah. Lalu bola lendir secara perlahan akan keluar dari hidung. Setelah itu lepaskan dan buang lendir yang menyebabkan dahak pada bayi.

3. Sandarkan Bayi dengan Bantal
Tempatkan kepala bayi lebih tinggi saat posisi tidur. Hal ini dilakukan untuk mempermudah lendir keluar dari hidung bayi. Meskipun cara ini tidak langsung bisa mengeluarkan lendir dari hidung bayi dengan cepat. Namun setidaknya cara ini bisa membantu untuk memudahkan orang tua sebelum menghisap hidungnya.

Jika lendir bayi masih encer maka dapat keluar dengan mudah sendirinya tanpa harus dihisap. Hal ini akan mengurangi dahak yang ada di dalam tenggorokan bayi. Dengan melakukan cara ini terus menerus ketika bayi sedang tertidur maka hasilnya akan semakin baik pula. Lendir yang menyebabkan dahak pada bayi dapat dengan mudah keluar sehingga pernapasan bayi kembali lancer.

0 Response to "Cara Alami Mengeluarkan Dahak Bayi dengan Mudah dan Aman"

Post a Comment