Menjadi Orang Tua yang Menginspirasi Membuat Anaknya Sukses


Pustaka Psikologis – Sejatinya kesuksesan seorang anak itu dipengaruhi oleh cara orang tua yang mendidiknya. Karena orang tua yang mampu mendidik anak-anak dengan baik akan menghasilkan individu yang baik ketika sudah dewasa.  Semua orang tua pasti menginginkan agar anaknya menjadi orang yang sukses dan dapat hidup dengan bahagia.

Namun kebanyakan orang tua belum tahu cara mendidik anak dengan baik. Kali ini pustaka psikologis akan membahas bagaimana cara mendidik anak yang baik. Karena ada lho ciri-ciri orang tua yang mampu membesarkan anak-anaknya sampai sukses. Kalau kamu pengin tahu apa sih ciri-cirinya silahkan simak penjelasan berikut ya.

1. Memberikan Contoh yang Baik pada Anak
Perlu diingat bahwa dasarnya anak itu melakukan sesuatu sesuai apa yang dilihatnya. Oleh karena itu orang tua harus berperilaku baik agar anak-anak dapat meniru hal tersebut. Apalagi anak-anak itu adalah masa dimana mereka baru pertama kali belajar. Dan tempat mereka pertama kali belajar adalah di rumah yaitu dengan meniru tingkah laku yang dilakukan oleh orang tuanya.

Berikan contoh dan tanamkan pemahaman kepada anak bahwa hasil akhir bukanlah suatu hal yang utama. Namun proses yang baik dimana mereka belajar untuk selalu memperbaiki agar memperoleh hasil yang baik. Karena semakin banyak proses yang kita lalui maka kita akan semakin tahu. Sehingga kita dapat meminimalisir kemungkinan sesuatu yang tidak diinginkan.

2. Mengajarkan Anak untuk Menghargai Waktu dan Uang
Orang dewasa yang pemalas, ceroboh, dan boros kemungkinan bisa terjadi karena sewaktu kecil mereka tidak diajarkan oleh orang tuanya. Orang tua harus mengajarkan cara menghargai waktu dan uang sedari mereka kecil. Cara sederhana untuk mengajarkan anak agar menghargai waktu adalah mengajarkan kepada mereka untuk bangun pagi. Dengan begitu, anak akan terbiasa melakukan aktivitas lebih awal dan menyelesaikan sesuatu lebih awal pula.

Sedangkan cara mengajarkan anak untuk menghargai uang adalah dengan mengajarkannya mengenai kebutuhan primer, sekunder, dan tersier. Dimana dalam hal ini anak diajarkan untuk membeli kebutuhan yang sekiranya pokok terlebih dahulu. Baru setelah itu barang-barang penunjang lainnya dibeli setelah barang-barang pokok terpenuhi.

3. Mengajarkan Anak untuk Jujur dan Berkomitmen
Kejujuran dan komitmen harus diajarkan kepada anak sekalipun ia masih kecil. Karena hal ini akan berpengaruh besar terhadapnya ketika sudah dewasa. Kebanyakan kita jumpai orang yang tidak bisa berkomitmen atas keputusannya. Hal ini tentu akan menimbulkan masalah terhadap keberlangsungan hidup mereka. Khawatirnya nanti orang-orang tidak lagi mempercayai si anak ketika sudah dewasa.

Mulailah mengajari si kecil dari hal yang kecil yaitu kejujuran. Kalau misalnya mereka tidak mampu maka tinggal bilang saja tidak mampu. Hal ini lebih baik dilakukan daripada nanti akhirnya tidak bisa berkomitmen terhadap pekerjaannya. Sedangkan jika mereka mampu maka mereka harus benar-benar bisa mempertanggungjawabkan atas keputusannya.

4. Membesarkan Anak dengan Tulus dan Ikhlas
Ciri-ciri yang terakhir ini merupakan hal terpenting yang harus dimiliki oleh semua orang tua. Karena membesarkan anak-anak tidak bisa dilakukan sambil main-main. Jika orang tua melakukannya sambil main-main tentu hasilnya akan membuat anak menjadi pribadi yang kurang baik ketika dewasa. Oleh  karena itu orang tua harus dituntut serius dalam membesarkan anaknya.

Hal lain yang tidak kalah penting adalah ketulusan dan keikhlasan orang tua dalam mendidik anak. Karena anak-anak yang didik dengan kasih sayang dibandingkan dengan anak-anak yang didik dengan kekerasan, tentu hasilnya akan lebih bagus anak-anak yang dididik dengan kasih sayang. Tunjukan rasa sayangmu sebagai orang tua terhadap anak supaya mereka dapat tumbuh dewasa dengan rasa aman dan nyaman.

0 Response to "Menjadi Orang Tua yang Menginspirasi Membuat Anaknya Sukses"

Post a Comment