Cara Bijak Mencegah Kepikunan Dini Remaja


Kepikunan banyak terjadi pada orang yang berusia tua. Akan tetapi banyak juga yang terjadi di usia muda. Apakah kamu sering lupa menaruh barang? Dan ketika berbicara kamu lupa hal yang akan disampaikan? Bisa jadi kamu mengalami kepikunan dini atau kata lainnya disebut dengan gangguan memori.

Kalau hal ini dibiarkan tentunya akan menggangu aktivitas keseharianmu. Daya ingat yang kamu miliki akan semakin buruk. Maka harus dilakukan penanganan yang tepat agar masalah ini dapat teratasi dengan baik. Berikut ada beberapa cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah kepikunan dini.

1. Istirahat yang Cukup
Orang yang cukup tidur memiliki konsentrasi lebih baik dibandingkan dengan orang yang kurang tidur. Karena tidur sendiri berperan penting dalam membantu mengonsolidasikan memori. Bagaimana rasanya jika kamu tidak tidur semalaman? Di pagi hari badan kamu pasti akan terasa lemas dan lesu.

Percaya atau tidak kalau tidur bisa memulihkan ingatan yang sempat lupa. Di pagi hari saat bangun tidur, tiba-tiba kamu teringat sesuatu yang kemarin sempat lupa. Hal ini terjadi karena saat kamu tidur terjadi konsolidasi memori di dalam otak. Oleh karena itu, sayangi memorimu dengan cara menjaga pola tidur.

2. Olahraga Teratur
Untuk menjaga kesehatan memorimu, minimal kamu harus melakukan olahraga setidaknya satu minggu sekali. Dengan kamu melakukan aktivitas fisik, hal ini bisa membantu melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh termasuk otak. Dengan begitu, kesehatan memorimu akan selalu tetap terjaga.

Masalahnya sekarang ini adalah tidak ada waktu buat olahraga. Kamu bisa mengatasinya dengan gampang. Cobalah untuk berjalan di halaman rumah waktu pagi selama 15 menit. Jika hal tersebut tidak bisa dilakukan, cobalah untuk meregangkan otot setelah bangun tidur. Lakukan aktivitas ini di pagi hari selama seminggu. Kemudian coba rasakan perbedaan tubuhmu dibandingkan dengan sebelumnya.

3. Gunakan Otakmu Bermain
Layaknya seperti tubuh, otak juga akan melemah jika tidak digunakan. Oleh karena itu setiap harinya kita harus melakukan aktivitas yang melibatkan otak. Hal ini dilakukan buat menjaga otak agar tetap tajam dan meningkatkan daya ingat maupun konsentrasi. Pastinya kamu tidak ingin bukan mengalami penuaan dini?

Aktivitas yang bisa kamu lakukan untuk melatih kinerja otak diantaranya adalah bermain puzzle maupun memecahkan teka-teki. Bagi kamu yang hobi bermain musik bisa dilakukan sebagai alternatif melatih kinerja otak. Yang perlu kamu tahu, berbicara dengan orang lain juga dapat meningkatkan kinerja memori setara dengan kegiatan membaca dan menulis. Oleh karena itu, luangkan waktu sejenak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarmu.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Bergizi
Jangan terlalu sering mengonsumsi makanan cepat saji atau fastfood. Selain membahayakan kesehatan fisik, fastfood juga sama sekali tidak memberikan gizi yang cukup bagi diri kamu. Lebih baik sedikit repot untuk berbelanja dan memasak. Namun terjamin higienis dan bergizi tinggi sehingga mampu mencukupi kebutuhan tubuh kamu.

Dengan kamu merubah hidup kamu dengan menghindari makanan fastfood. Hal ini akan membut logika berpikir kamu berjalan dengan baik setiap harinya. Karena kamu setiap hari akan berinovasi membuat menu masakan agar tidak merasa bosan. Tanpa disadari kamu akan menjadi orang yang kreatif dan memiliki kemampuan problem solving yang baik.

Jangan sampai kamu merasakan penyesalan ketika hari tua nanti. Sebaiknya jaga kesehatan memorimu sedari masih muda. Jika tidak, bukan cuma diri kamu yang repot melainkan juga banyak orang di sekitarmu. Dan semua itu tidak akan terjadi jika kamu menyayangi memorimu. Perlakukanlah mereka sebagai kepunyaannya yang sangat berharga.

1 Response to "Cara Bijak Mencegah Kepikunan Dini Remaja"