Kenali Ciri-ciri Utama Toxic Parents, Kesalahan Pola Asuh Orang Tua


Anak adalah penerus garis keturunan keluarga. Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya menjadi pribadi yang baik. Orang tua melakukan berbagai macam cara untuk membuat anaknya bahagia. Tentunya semua hal yang dilakukan tersebut didasari dengan kasih sayang yang tulus dan ikhlas. 

Namun para mom harus menyadari bahwa terkadang ada sikap yang bisa melukai mental anak. Mengasuh anak tidak semudah yang mom bayangkan. Mom harus berhati-hati dan memahami secara baik pola asuh yang harus diterapkan pada anak. Jika tidak, anak akan tumbuh dengan rasa takut dan kurang percaya diri. Pola asuh orang tua yang salah disebut “toxic parents”. Yuk simak ciri-cirinya...

1. Kurang Memahami Kemauan Anak
Seringkali anak bertengkar dengan orang tua. Perkara yang sepele bisa jadi menjadi akar pertengkaran tersebut. Perkara yang seringkali jadi pemicu pertengkaran adalah kesalahpahaman. Orang tua dengan pola toxic parents mungkin tidak pernah mendengar apa yang dikatakan anak. Atau mungkin orang tua sudah mendengar tetapi gagal memahami maksud yang disampaikan anak.

Jika sedang bertengkar, anak mengatakan bahwa “Mama kurang peka, Mama tidak tahu apa yang sedang aku rasakan, Mama egois, Aku benci sama Mama”. Itu pertanda ada hal yang perlu dirubah dari orang tua. Perlu diingat untuk orang tua harus hilangkan pemikiran “Saya orang tuanya, jadi saya tahu benar apa yang harus dilakukan”. Cobalah untuk sering berkomunikasi dengan anak agar dapat memahami dengan benar kemauan anak.

2. Tidak Menghargai Privasi Anak
Anak butuh ruang untuk diisi dengan kehidupan pribadinya. Dan ia menginginkan tidak ada satu orangpun yang tahu tentang kehidupan pribadinya termasuk orang tua. Jadi, orang tua juga harus memahami hal tersebut. Jangan selalu ingin tahu dengan kehidupan anak. Karena anak bukan boneka yang semua orang bisa mengetahui seluk beluknya.

Orang tua dengan pola toxic parents  tetap saja punya kemauan untuk mengetahui semua hal pada anaknya. Pola inilah yang harus diubah bagi para orang tua. Coba lebih percaya kepada anak dan memberikan ruang bebas kepadanya. Namun tetap dalam pengawasan dan jika anak melakukan hal yang menyimpang cobalah tegur dia secara baik-baik. Tentu hal ini merupakan hal yang sangat baik untuk dilakukan.

3. Mengambil Keputusan Secara Sepihak
Pada Toxic Parents, orang tua seringkali membuat keputusan secara sepihak tanpa mau mendengarkan perkataan anak. Tentu hal ini merupakan suatu kesalahan yang sangat fatal. Karena yang nanti akan menjalani kehidupan adalah si anak bukan orang tua. Jadi, anak juga harus berperan dalam pengambilan keputusan.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara mengajak anak berdiskusi. Jangan sesekali orang tua mengeluarkan kata-kata kasar dalam diskusi. Karena itu akan membuat suasana menjadi panas dan justru akan menambah masalah. Bangunlah ruang diskusi yang hangat dan santai namun tetap berorientasi pada tujuan pencarian keputusan yang dapat diterima oleh kedua belah pihak.

4. Menganggap Anak sebagai Saingan
Toxic parents tanpa sadar mempunyai isi hati yang buruk ketika anaknya berhasil. Mereka justru iri dengan keberhasilan yang diraih oleh anaknya. Anggapan mereka mengenai kesuksesan anaknya merupakan sebuah ancaman yang dapat mengganggu harga dirinya. Sesuatu yang dilakukan anak selalu dibandingkan dengannya kala itu.

Tentu hal ini bukanlah hal yang baik. Sejatinya orang tua harus bangga jika anaknya lebih berhasil darinya. Karena orang tua belum bisa dikatakan berhasil jika gagal dalam mendidik anaknya. Dukunglah setiap aktivitas yang dilakukan oleh anak agar ia dapat tumbuh dengan baik dan berprestasi.

Jika ciri-ciri toxic parents ada padamu, maka segeralah perbaiki diri dan ubahlah mulai dari sekarang. Segeralah minta maaf atas segala kesalahan yang telah diperbuat. Mari ciptakan hubungan yang hangat dengan anak. Karena anak merupakan aset keluarga yang sangat berharga. Maka didiklah mereka sebaik mungkin.

1 Response to "Kenali Ciri-ciri Utama Toxic Parents, Kesalahan Pola Asuh Orang Tua"


  1. When you realize better you will improve. Your understanding will have been hard-battled for and you will realize what you have to realize, in time. Signs That Shows You Are In A Toxic Relationship

    ReplyDelete