Berbicara dengan Diri Sendiri Baik untuk Kesehatan dan Mencerdaskan Otak


Berbicara dengan diri sendiri yang dimaksud disini bukanlah karena gangguan jiwa. Berbicara dengan diri sendiri bisa dilakukan dengan berbicara di depan kaca atau hanya mengucapkannya dalam hati saja. Kebanyakan orang melakukan hal itu untuk mengevaluasi diri sendiri tentang kehidupan sebelumnya. Terkadang menyendiri itu juga perlu untuk dilakukan. Karena setiap orang juga butuh ruang privasi yang tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Ternyata berbicara pada diri sendiri baik untuk kesehatan mental. Salah satunya adalah untuk memotivasi diri agar lebih baik lagi. Ketika seseorang merenungkan tentang masa lalunya lalu timbulah motivasi perubahan dalam dirinya. Berbicara dengan diri sendiri tentunya dapat membuat perasaan menjadi lega saat sedang dilanda masalah. Untuk lebih jelasnya silahkan simak penjelasan berikut ya...

1. Mengurangi Stress
Dengan kita berbicara pada diri sendiri, kamu bisa mengatur isi pikiranmu agar terhindar dari stress. Kamu bisa memprioritaskan mana kewajiban yang harus dikerjakan terlebih dahulu. Sehingga walaupun awalnya ada banyak pekerjaan maupun perkara yang menumpuk dapat diselesaikan dengan mudah. Sehingga kamu akan terbiasa menjadi orang yang melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien.

Dengan begitu kamu bisa menjalani kehidupan dengan baik. Ada banyak ilmu baru yang bisa kamu pelajari dengan fokus dan tenang tanpa harus memikirkan masalah yang belum terselesaikan sebelumnya. Berbicara pada diri sendiri juga bisa melatih keberanian dan kepercayaan diri agar bisa tampil dengan baik saat berinteraksi dengan banyak orang.

2. Menambah Motivasi
Kamu bisa menjadi motivator andal bagi diri sendiri. Segala kecemasan dan ketakutan dalam menghadapi sesuatu dapat kamu hilangkan dengan mudah. Kunci sukses perubahan pada diri seseorang adalah pada diri mereka sendiri. Tinggal seberapa besar dan kuat tekad yang kamu miliki untuk melakukan perubahan. Semakin besar tekad yang mau miliki maka akan semakin besar pula kemungkinan diri kamu untuk berubah ke arah yang lebih baik lagi.

Dengan sering mengatakan hal-hal positif pada diri sendiri bahwa kamu bisa melakukannya, maka kata-kata itu akan tertanam dalam pikiranmu. Sehingga akan membuat kamu semakin termotivasi dan bersemangat dalam melakukan pekerjaan. Segala tantangan yang menghadang dapat dengan mudah kamu atasi melalui sugesti yang telah kamu tanamkan pada pikiranmu.

3. Menyalurkan Emosi
Berbicara pada diri sendiri bisa juga digunakan untuk menyalurkan emosi. Ketika kamu sedang merasa marah, sedih, putus asa maupun kecewa cobalah untuk menyendiri terlebih dahulu. Lalu luapkan segala perasaan emosimu dengan cara berteriak sekeras-kerasnya sampai kamu merasa lega.

Secara tidak sadar setelah kamu meluapkan semua emosimu akan membuat diri merasa lebih tenang. Kemudian secara perlahan emosi tersebut akan menghilang. Tentu cara ini lebih baik dilakukan daripada kamu harus meluapkan emosimu kepada orang lain. Jangan sampai orang lain ikut terluka karena ketidakmampuanmu untuk mengendalikan emosi.

4. Meningkatkan Daya Ingat
Dengan kamu sering berbicara pada diri sendiri secara tidak sadar kamu menjadi orang yang lebih teliti. Hal-hal sekecil apapun dalam hidup akan kamu perhatikan dengan baik. Dengan begitu, kamu akan lebih memahami diri sendiri. Sehingga kamu dapat dengan mudah beradaptasi di manapun tempat kamu berada.

Kemampuan daya ingat pada otak menjadi meningkat. Berbicara dengan diri sendiri sama saja membuat sel-sel otak  selalu bekerja. Semakin sering kamu berbicara dengan diri sendiri, maka kinerja otak akan lebih baik pula. Coba buktikan, jika kamu mencari barang yang hilang sambil berbicara pada diri sendiri. Lalu menelusuri aktivitas yang dilakukan sebelumnya, maka kamu akan semakin mudah menemukan barang yang hilang tersebut.

0 Response to "Berbicara dengan Diri Sendiri Baik untuk Kesehatan dan Mencerdaskan Otak"

Post a Comment