Mengatasi Pilek Tanpa Obat pada Bayi dengan Cepat


Bayi memiliki daya tahan tubuh lebih lemah dibandingkan dengan orang dewasa. Oleh sebab itu, bayi lebih rentan terkena penyakit terutama di musim penghujan. Saat tubuh kurang fit, penyakit yang sumbernya dari virus seperti flu/pilek akan mudah menyerang. Lalu cara terbaik apa yang harus dilakukan oleh bunda?

Hal yang perlu diperhatikan oleh bunda adalah harus meminimalisir penggunaan obat. Hal ini dilakukan agar bayi tidak terbiasa menggunakan senyawa kimia. Apabila bayi sudah menunjukan gejala-gejala pilek seperti hidung tersumbat, batuk-batuk, dan keluar lendir dihidung maka sebaiknya bunda harus mengambil langkah awal yang tepat dengan mengikuti tips berikut ini.

1. Mandikan Bayi Menggunakan Air Hangat
Cara pertama yang dapat dilakukan adalah memandikan bayi dengan air hangat. Hal ini bertujuan untuk membantu melegakan pernapasan melalui uapnya. Untuk hasil terbaik tetap mandikan bayi sehari 2 kali, di waktu pagi dan sore. Namun waktunya harus diperhatikan, jangan terlalu siang maupun terlalu sore. Karena jika tidak, bisa menyebabkan bayi menjadi lemas dan lesu.

Bunda harus memahami si kecil kesayangannya dengan baik. Wawasan tentang perawatan terhadap bayi perlu ditingkatkan supaya lebih matang. Karena hal tersebut akan memudahkan bunda untuk merawat si kecil. Sehingga dapat meminimalisir kesalahan yang mungkin bisa terjadi. Sederhananya seperti jadwal mandi bayi harus diketahui dengan baik supaya ketika mandi bayi tidak merasa kedinginan.

2. Balur Badan Bayi dengan Minyak Telon
Setelah bayi selesai mandi, jangan lupa oleskan minyak telon untuk menghangatkan tubuhnya. Oleskan di bagian dada, punggung, dan leher. Jika hidung bayi mampet, oleskan juga minyaknya di bawah hidung untuk membantu melancarkan pernapasan pada bayi. Jangan terlalu banyak melumurkan minyak agar tidak lengket dan bayi tetap pada kondisi yang nyaman.

Setelah bayi dilumuri minyak segeralah kenakan pakaian padanya. Hal ini dilakukan untuk menjaga suhu tubuh bayi agar tetap merasa hangat. Biasanya setelah mandi bayi akan bergerak-gerak aktif. Bunda bisa menghibur bayi saat itu untuk membuatnya lebih gembira. Karena dengan bayi banyak bergerak membuatnya semakin sehat.

3. Berikan ASI pada Bayi
ASI dapat meningkatkan sistem imun pada bayi. Kuncinya agar bayi tetap terjaga kesehatannya, bunda harus selalu rajin memberikannya ASI setiap harinya. Bunda harus rela repot-repot melepas kancing baju demi kebaikan bayi. Tentunya hal ini lebih baik dilakukan daripada memberikan bayi senyawa kimia yang mungkin bisa membahayakan dirinya.

Hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah kesehatan bunda. Jangan lupa bagi bunda untuk menjaga pola makan dan istirahat yang cukup. Karena jika bunda sakit maka produksi dan kualitas ASI akan menurun. Jangan sampai kebutuhan ASI pada bayi tidak dapat dipenuhi dengan baik. Tentu hal ini akan membuat kesehatan bayi menjadi semakin terganggu.

4. Mengatur Suhu Ruangan
Penyebab bayi sakit tak lain karena suhu lingkungan yang tidak cocok dengan dirinya. Oleh karena itu, bunda harus peka akan hal ini. Bunda bisa mengatur sendiri suhu lingkungan di sekitar bayi agar cocok dengan suhu tubuhnya. Jika bayi mengalami kepanasan, nyalakan kipas angin dengan kecepatan terkecil saja. Lalu jika bayi sudah tidak merasa kepanasan lebih baik matikan kipasnya.

Jangan terlalu sering menggunakan kipas angin di sekitar bayi. Karena itu bisa berbahaya bagi kesehatan bayi. Disarankan juga untuk tidak menggunakan pendingin ruangan berupa AC. Kulit bayi yang masih tipis kemungkinan kurang bisa menahan udara dingin yang dihasilkan dari AC. Lebih baik melakukan cara alami yaitu dengan mengenakan pakaian tebal kepada bayi jika suhu dingin. Sedangkan jika cuaca panas maka kenakan pakaian yang lebih tipis namun tetap nyaman.

0 Response to "Mengatasi Pilek Tanpa Obat pada Bayi dengan Cepat"

Post a Comment