Jangan Sampai Rasa Malas Membuat Kita Tertindas oleh Zaman


Kata “malas” mengandung arti tidak mau bekerja atau mengerjakan sesuatu. Hal ini berarti orang tersebut kurang memiliki minat terhadap hal yang sedang dilakukannya tersebut. Sebenarnya rasa malas itu adalah hasil dari penilaian negatif seseorang terhadap hal yang sedang dihadapinya.

Seseorang yang malas tentu tidak memiliki motivasi sama sekali terhadap hal apapun terutama dalam masalah pekerjaan. Motivasi yang ada dalam dirinya sangat rendah dibandingkan dengan minatnya. Bisa dibilang rasa malas itu merupakan hasil bentukan dari penilaian negatif kita selama ini.

Lalu kenapa sih anak sekolah zaman sekarang malas belajar? Padahal belajar merupakan kewajiban sepanjang hayat manusia. Yuk ketahui alasannya disini.

1. Sulit Memahami Materi
Permasalahan ini seringkali menjadi masalah utama pada siswa yang menyebabkan mereka malas belajar. Sulit memahami materi di sekolah itu umumnya disebabkan oleh 2 faktor utama. Faktor yang pertama adalah individu itu sendiri yang memiliki keterbatasn dalam memahami materi. Sedangkan faktor kedua adalah karena guru itu sendiri yang menjelaskan materi kurang dapat dimengerti oleh siswa.

Jika dalam sistem belajar hanya beberapa siswa saja yang tidak paham materi itu wajar. Karena masing-masing siswa punya daya tangkap atau pemahaman yang berbeda-beda satu sama lain. Namun jika dalam sistem belajar semua siswa merasa kesulitan memahami materi, lalu siapa yang salah akan hal ini? Maka pengajarnya lah yang harus dipertanyakan.

2. Pengaruh Lingkungan
Lingkungan sangat berpengaruh terhadap proses belajar. Jika lingkungan di sekitar tempat tinggalmu itu ramai, bising, dan kotor maka otomatis tempat itu tidak nyaman untuk belajar. Ditambah lagi jika kamu hidup dikelilingi dengan teman-teman sebayamu yang malas belajar. Hal ini tentu akan membuatmu tambah malas belajar.

Hal terbaik yang dapat dilakukan adalah dengan menciptakan lingkungan senyaman mungkin untuk belajar. Akan tetapi, jangan sampai menutup dirimu dengan orang lain di lingkungan sekitarmu. Artinya kamu harus membagi waktu saat belajar dan bermain. Jika waktunya belajar harus dilakukan dengan sungguh-sungguh tanpa berpikir untuk bermain. Dan jika waktunya bermain juga jangan berpikiran untuk belajar.

3. Kecanduan Game
Anak-anak zaman sekarang banyak yang lebih suka bermain game daripada belajar. Mengapa demikian? Jawabannya sudah jelas karena mereka sudah kecanduan gadget. Jika dibandingkan anak zaman dahulu dan sekarang itu sangat jauh berbeda. Dimana anak-anak kecil dahulu lebih sering bermain sambil belajar bersama. Sedangkan anak zaman sekarang lebih individual dan fokus dengan gadgetnya.

Hal ini bisa terjadi karena terlalu sering main “game”. Rasa malas ditimbulkan karena kebiasaan buruk yang telah dilakukan selama terus menerus dalam selang waktu yang lama. Jika anak sudah kecanduan game maka mereka akan sulit beranjak untuk belajar. Oleh karena itu, sebelum terlambat maka haruslah diatur secara baik-baik penggunaan gadget pada anak-anak.

4. Mood yang buruk
Bagaimana punya motivasi untuk belajar jika mood untuk belajar saja belum ada. Mood adalah sesuatu yang sangat berpengaruh dalam proses belajar. Apabila mood yang kita miliki tidak ada sama sekali maka untuk belajar itu rasanya sangatlah malas. Hendaknya kita harus menciptakan mood yang baik untuk belajar.

Cara yang dapat dilakukan adalah kumpulkan niat belajarmu terlebih dahulu. Karena dengan niat yang kamu miliki akan membuatmu punya motovasi internal untuk segera belajar. Jangan mudah mengeluh dan terlarut terhadap persoalan yang sedang dihadapi. Karena hal itu akan sangat mempengaruhi mood kamu dalam belajar. Mulai sekarang jadilah orang yang optimis dan pandai menyelesaikan masalah.

Jika rasa malas ini dibiarkan maka lambat laun akan sangat mengganggu. Akibatnya kita menjadi orang yang tidak produktif bahkan bisa dicap menjadi orang yang “gagal”. Gagal yang dimaksud dalam hal ini adalah kurang bisa memanfaatkan potensi yang dimiliki dan tertinggal jauh dengan orang lain.

Maka dari itu buanglah sikap malasmu agar tidak sampai tertindas dengan zaman. Pastinya kamu ingin jadi orang yang sukses bukan? Membiarkan rasa malas sama saja membunuh kehidupanmu di masa yang akan datang. So, ubahlah kebiasaan burukmu mulai sekarang!

0 Response to "Jangan Sampai Rasa Malas Membuat Kita Tertindas oleh Zaman"

Post a Comment