Memahami Kepribadian Seorang Introvert


Selama ini kebanyakan orang salah dalam memandang kepribadian seorang introvert. Hal pertama yang terlintas di benak mereka kalau mendegar kata “Introvert” pasti adalah orang yang tertutup dan sangat menjaga jarak. Lebih parahnya lagi, ada yang beranggapan kalau orang introvert adalah orang yang sangat dingin dan pendiam. Perlu diketahui untuk semua orang bahwa orang yang introvert tidak selamanya seperti itu.

Orang Introvert memiliki kepribadian yang sangat unik dan menarik. Karena mereka sebenarnya punya cara tersendiri dalam melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Jadi, jika orang awam menganggap bahwa orang introvert itu pendiam dan dingin merupakan anggapan yang salah. Berikut adalah pembahasan tentang kepribadian seorang introvert yang selama ini merupakan kesalah pahaman banyak orang.

1. Tak Suka Bicara
Banyak orang yang selama ini mengira kalau orang introvert tak suka bicara. Tentu anggapan ini salah, karena mereka bukannya tak suka bicara namun mereka kurang suka basa-basi dengan orang lain. Mereka cenderung akan berbicara seperlunya saja dan lebih suka to the point. Akan tetapi, mereka dapat aktif berbicara jika topik pembicaraannya merupakan hal yang disukai.

Jadi jangan heran kalau orang tersebut lebih banyak diam ketika diajak ngobrol. Bisa jadi topik obrolan kalian kurang menarik baginya. Cobalah bahas topik lain yang sekiranya bisa membuat orang yang introvert membuka pembicaraan. Bahkan sebenarnya orang yang introvert itu lebih asik diajak ngobrol karena mereka memikirkan perkataannya sebelum diucapkan.

2. Orang yang Pemalu
Sebenarnya orang introvert itu tidak pemalu. Namun, mereka hanya tidak suka melakukan hal-hal yang dianggapnya tidak perlu. Mereka punya cara tersendiri dalam melakukan interaksi dengan lingkungan sekitarnya. Mereka cenderung berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Namun, jika ada orang lain yang mengajaknya bicara maka mereka akan senang hati menjawabnya.

Orang yang introvert bisa saja memiliki kepercayaan diri yang lebih tinggi dibandingkan orang-orang pada umumnya. Hal tersebut bisa terlihat jika mereka melakukan pekerjaan dengan bidang yang disukainya. Mereka akan mempersiapkan segala hal agar bisa menampilkannya sebaik mungkin. Disinilah orang introvert mempertontonkan kemampuannya dibalik sisi pendiamnya.

3. Lebih Sering Sendiri dan Tidak Suka Berteman
Ada kalanya seorang introvert menginginkan waktu untuk sendiri. Hal ini dilakukan karena mereka ingin merasa tenang dan perlu memiliki ruang untuk bisa menikmati apa yang sedang dalam pikirannya sendiri.

Namun, jika soal pertemanan orang introvert tidak perlu diragukan lagi kesetiaannya. Mereka akan menjaga ikatan itu dengan sepenuh hatinya. Jika orang lain sudah mempercayainya, mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk memprioritaskannya dibandingkan dengan urusan pribadinya.

Orang yang introvert tidak perlu diragukan lagi soal pertemanannya. Mereka bisa menjadi lawan bicara untuk mencurahkan semua isi hatimu padanya. Tidak perlu takut untuk menjaga pembicaraan dengannya. Karena mereka adalah orang yang sangat menjaga rahasia. Jadi, kamu bisa dengan lega saat bercerita dengannya tanpa perlu merasa takut.

4. Terlihat Aneh
Orang introvert terlihat aneh dan sangat berbeda jika dibandingkan dengan orang lain. Mereka cenderung tidak suka mengikuti gaya maupun fashion yang sedang tren saat ini. Akan tetapi, justru hal inilah yang menjadikan mereka unik dan berbeda dibandingkan orang lain. Karena orang introvert punya ciri khas sendiri dalam menjalani kehidupannya.

Jika kamu merasa memiliki kepribadian seorang introvert, tidak usah merasa malu maupun minder dengan kepribadian tersebut. Justru kepribadian introvert itu sangatlah istimewa dan tentunya memberikan warna di lingkungan tempat tinggalmu. Jadi, jadilah diri sendiri sesuai dengan apa yang kamu mau dan jangan pernah merasa malu dengan hal yang menurut kamu itu benar.

0 Response to "Memahami Kepribadian Seorang Introvert"

Post a Comment