Ubah Sudut Pandamu agar Sukses Ujian dengan Jujur


Bagi sebagian siswa kata “ujian” itu terdengar menakutkan di telinga mereka. Sudah menjadi hal yang wajar saat ini kalau ujian itu sebagai momok bagi kalangan siswa sekolah. Hal ini dikarenakan mereka tidak ada kesiapan dalam menghadapi ujian. Bahkan tak jarang juga banyak siswa yang bersekolah hanya sebagai formalitas saja.

Ada sebagian siswa yang menghalalkan berbagai cara untuk mendapatkan nilai ujian yang memuaskan. Hal ini tentu sangat memprihatinkan karena ujian semata-mata bukan karena nilai. Akan tetapi, ujian itu juga dapat mengetahui tingkat kepahaman kita terhadap materi yang telah dipelajari. Berikut adalah beberapa hal agar bisa sukses ujian dengan jujur.

1. Jangan Hanya Berorientasi Pada Nilai
Kebanyakan siswa hanya mengejar nilai daripada ilmu. Hal ini tentunya merupakan kesalahan yang sangat fatal dalam belajar. Karena orang dengan nilai yang bagus belum tentu paham tentang bidang yang dipelajari. Akan tetapi, jika orang itu paham tentang bidang yang dipelajari maka kemungkinan dia akan mendapatkan nilai yang bagus pula.

Di Indonesia, banyak guru yang hanya melihat hasil daripada menghargai sebuah proses. Hal inilah yang membuat siswa berlomba-lomba mendapatkan nilai setinggi-tingginya daripada memperhatikan perilakunya. Kamu harus meluruskan niatmu bersekolah yaitu untuk belajar memahami materi. Karena nanti setelah lulus nilai itu tidak banyak digunakan. Akan tetapi, ilmu yang kamu miliki yang nanti akan digunakan untuk memberikan manfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

2. Ujian Bukan Sebagai Alat untuk Mengukur Kecerdasan Seseorang
Perlu kamu ketahui, kalau kecerdasan itu tidak bisa diukur hanya dengan ujian semata. Jadi, kamu jangan pernah sedih apalagi minder jika nilai ujianmu tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Jangan pernah sesekali kamu menyontek saat ujian. Karena salah satu tujuan dari ujian itu adalah untuk mengukur kepahamanmu terhadap materi yang telah dipelajari.

Jika kamu masih saja tetap melakukan perilaku menyontek, itu tandanya kamu adalah orang yang kurang percaya diri. Kalau kamu saja tidak bisa mempercayai diri sendiri, bagaimana orang lain mau mempercayaimu. Karena kepercayaan diri itu penting dalam kehidupanmu setelah lulus sekolah. Orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan yang baru.

3. Jangan Pernah Berpikir kalau Menyontek Itu Bisa Memudahkanmu Menggapai Cita-cita
Meskipun nilai ujian kamu bagus, tetapi kalau itu adalah hasil dari menyontek sama saja tidak berguna sedikitpun. Karena dengan kamu menyontek justru akan melemahkan diri kamu sendiri. Perlu diingat, kalau ilmu itu lebih penting daripada nilai. Jika kamu telah menguasai bidang ilmu, maka kamu dapat dengan mudah meyelesaikan masalah yang akan dihadapi.

Di saat itulah kamu sadar kalau kejujuran itu sangat penting. Lebih baik mendapatkan nilai sesuai dengan kemampuan sendiri, daripada mendapat nilai bagus tetapi dari hasil menyontek. Sebelum semuanya terlambat, lebih baik kamu ubah kebiasaan burukmu untuk tidak lagi menyontek. Tentunya kamu ingin menjadi orang yang sukses bukan?

4. Tanamkan dalam Pikiranmu Kalau Ujian Itu Menyenangkan
Ujian adalah hal yang wajar dilakukan semasa sekolah. Dengan adanya ujian ini kamu bisa mengetahui potensi dan kelemahan dirimu. Jangan pernah beranggapan kalau ujian adalah hal yang menakutkan. Akan tetapi, ujian adalah hal yang sangat menyenangkan karena kamu bisa menunjukan kemampuanmu kepada orang lain.

Kamu harus mempunyai sudut pandang kalau ujian adalah waktu yang paling ditunggu sebagai ajang pembuktian diri. Belajarlah jauh-jauh hari supaya nanti saat waktu ujian tiba kamu sudah siap secara materi dan mental. Alhasil, kamu akan mendapat nilai yang memuaskan dengan cara jujur. Itu akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi dirimu!

0 Response to "Ubah Sudut Pandamu agar Sukses Ujian dengan Jujur"

Post a Comment