Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan agar Memperoleh Hasil yang Optimal


Tidak hanya waktu di sekolah kita belajar. Namun, sepulang sekolah kita juga dituntut untuk selalu belajar dari keadaan di sekitar kita. Belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan. Jika pengetahuan maupun ketrampilanmu tidak meningkat, berarti belajarmu bisa dikatakan gagal.

Sebelumnya pasti kamu pernah merasa sudah maksimal dalam belajar. Namun hasil yang diperoleh dari pembelajaran tersebut tidak ada sama sekali. Bisa jadi malah kamu sama sekali belum menguasai ilmu yang sedag dipelajari. Hal ini bisa disebabkan karena metode belajarmu yang salah. Yuk langsung saja simak penjelasan berikut tentang bagaimana pola belajar yang baik agar medapatkan hasil yang optimal.

1. Belajar dengan Praktik
Belajar dengan praktik merupakan hal yang paling efektif. Dimana kamu tidak hanya tahu dari mempelajari buku saja. Namun, kamu bisa memperluas pengetahuanmu dengan mempraktikannya secara langsung. Cara belajar ini tentu tidak akan membuatmu merasa bosan. Semakin sering kamu praktik, maka kamu akan semakin memahami hal yang sedang dipelajari.

Misalnya saat kamu belajar bahasa asing tentu tidak cukup kalau hanya belajar teorinya saja. Kamu harus belajar sambil mempraktikannya agar ilmu yang dipelajari bisa benar-benar dikuasai. Karena kunci kita mahir berbahasa asing adalah kebiasaan. Semakin sering kamu menggunakan bahasa asing, maka kemampuan bahasa asingmu akan semakin fasih.

2. Belajar Tidak Perlu Lama Asalkan Rutin
Dengan kamu rutin belajar tentu akan semakin mudah juga kamu mengingat hal yang sudah dipelajari. Misalnya pagi hari sebelum berangkat sekolah kamu belajar terlebih dahulu selama 10 menit, kemudian di jam istirahat belajar 15 menit, sepulang sekolah belajar 20 menit, yang terakhir sebelum tidur belajar 30 menit. Jika digabungkan berarti kamu dalam sehari sudah belajar selama 75 menit.

Cara seperti itu lebih baik dilakukan daripada kalau kamu harus belajar selama 75 menit dalam satu waktu. Dengan cara belajar seperti ini, pikiran akan tetap dalam keadaan rileks daripada harus belajar terlalu lama. Karena seberapa lama kamu belajar jika otakmu lelah tentu akan kesulitan dalam memahami materi.

3. Belajar dengan Memahami bukan Menghafal
Selama ini kita telah salah kaprah dalam belajar. Dimana kita lebih dominan menghafal materi daripada memahaminya secara mendalam. Cara ini memang tidaklah salah namun kurang efektif. Cara yang paling efektif dalam belajar adalah dengan memahami teorinya. Dengan kamu paham teorinya maka segala persoalan yang berhubungan dengan materi tersebut dapat dengan mudah diselesaikan.

Oleh karena itu, cobalah sekarang belajar dengan memahami materi bukan dengan menghafal. Cara ini memang sedikit berbeda dengan menghafal. Jika menghafal kamu cenderung mengulang berkali-kali sampai materi itu benar-benar hafal. Namun, jika kamu memahami materi berarti kamu belajar secara luas dan menyeluruh tentang materi yang dipelajari.

4. Membuat Suasana Belajar yang Nyaman
Salah satu cara untuk menumbuhkan minat belajar adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman. Cara ini bisa dilakukan dengan mengatur kerapian tempat belajar. Jangan lupa siapkan secangkir teh hangat untuk membuat diri kamu semakin rileks. Bila diperlukan bisa juga siapkan camilan berupa jajanan ringan untuk menemani belajarmu.

Dengan suasana nyaman dan kondusif tentu akan memudahkanu untuk berkonsentrasi saat belajar. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah memahami materi yang sedang dipelajari. Jika semakin lama kamu belajar merasa bosan, lawanlah semua itu dengan niatan yang ada pada dirimu. Dengan tekad yang kuat dari dalam dirimu akan menumbuhkan motivasi untuk terus belajar.

0 Response to "Cara Belajar Efektif dan Menyenangkan agar Memperoleh Hasil yang Optimal"

Post a Comment