Anak Diasuh Kakek Nenek Jadi Lebih Mandiri


Ada beberapa anak yang sedari kecil diasuh oleh kakek neneknya. Hal ini dikarenakan orang tuanya sibuk bekerja. Sehingga tidak memiliki waktu untuk mengurus anaknya. Menitipkan anak kepada kakek dan nenek merupakan hal yang baik, daripada anak harus diasuh oleh orang lain. Dimana anak-anak lebih nyaman diasuh oleh kakek dan neneknya. 

Ada banyak hal yang dipelajari oleh anak jika diasuh oleh kakek dan neneknya. Kakek nenek kalian adalah bapak dan ibu dari orang tua kalian. Tentunya mereka sudah tahu dan lebih berpengalaman dalam mengurus anak. Mereka akan mengurus anakmu sama seperti mengurusmu ketika masih kecil. Berikut adalah dampak positif jika anak diasuh oleh kakek dan nenek.

1. Lebih Mudah Bersosialisasi
Anak yang diasuh oleh kakek dan neneknya akan lebih mudah bersosisalisasi. Hal ini dikarenakan anak sering bertemu dengan keluarga lain, seperti keluarga paman maupun tetangga. Biasanya di rumah kakek dan nenek itu ramai orang. Jadi, anak sudah terbiasa berinterakasi di lingkungan sosial. Saat sudah dewasa nanti, mereka dapat dengan mudah beradaptasi di lingkungan sosialnya.

Jika anak diasuh oleh orang tuanya sendiri, mereka akan berinteraksi dengan lingkungan keluarganya saja. Hal ini sangat jauh berbeda dibandingkan dengan anak yang diasuh oleh kakek dan neneknya. Meskipun terkadang anak menangis jika harus tinggal dengan kakek dan nenek. Akan tetapi, lambat laun mereka akan terbiasa jauh dari orang tua yang akan membuatnya lebih mandiri.

2. Lebih Dewasa
Pola asuh yang diberikan oleh kakek dan nenek sangat berbeda dengan yang diberikan oleh orang tua. Kakek dan nenek lebih berpengalaman dalam mengurus anak dibandingkan dengan orang tua baru yang masih memiliki 1 anak. Dengan bekal pengalaman yang kakek dan nenek miliki, mereka dapat dengan mudah mendidik anak supaya berkelakuan baik.

Nasihat dari kakek dan nenek biasanya akan lebih mudah didengar dibandingkan dengan orang tuanya sendiri. Jika anak melakukan kesalahan, kakek dan nenek akan menyelesaikannya dengan bijak. Kakek dan nenek dengan penuh kesabaran menjelaskan masalah itu dengan baik-baik sehingga anak akan lebih mengerti dan tidak akan mengulang kembali kesalahannya.

3. Lebih Bijaksana
Fisik kakek dan nenek terbilang sudah tua tidak sekuat dahulu lagi sewaktu masih muda. Namun, mereka jauh berpengalaman dibandingkan dengan orang tua yang pernikahannya masih seumur jagung. Berbagai masalah dalam keluarga sudah pernah mereka lalui. Dengan demikian, masalah-masalah yang datang saat ini dapat diselesaikan dengan sangat mudah dan bijaksana.

Kakek dan nenek mempunyai sikap yang tegas lagi bijaksana. Hal ini sangat jauh berbeda dengan orang tua yang lebih dominan bersikap galak. Hal ini sangat umum terjadi karena mereka menjalani pernikahan di usia muda yang emosinya masih belum stabil. Anak yang sejak kecil diasuh oleh kakek dan neneknya cenderung bersikap lebih sabar dan bijaksana dalam menyelesaikan masalah.

4. Hidup Lebih Teratur
Pola asuh yang diterapkan oleh orang yang berpengalaman akan lebih mudah mengatasi anak yang pemalas. Kakek dan nenek punya cara tersendiri dalam mengatasi anak yang bermasalah, tidak teratur maupun tidak disipilin. Dengan menerapkan pola asuh sejak kecil kelak saat dewasa anak akan terbiasa disiplin dan menghargai waktu.

Bahwa anak nanti akan menghadapi kehidupannya sendiri. Maka dari itu, sejak kecil anak harus diajarkan untuk hidup teratur. Mengajarkan anak untuk hidup teratur bukanlah hal yang sulit dilakukan. Kunci penting dalam mendidik anak adalah kesabaran dan keuletan. Dengan demikian, anak akan menjadi pribadi yang siap menghadapi kehidupan di dunia nyata saat sudah dewasa.

0 Response to "Anak Diasuh Kakek Nenek Jadi Lebih Mandiri"

Post a Comment