Alasan Dendam Menyebabkan Penyakit dan Tak Baik Bagi Kesehatan


Perlu kamu ketahui, bahwa faktor psikologis turut mempengaruhi kesehatan seseorang. Dimana salah satu pemicu sakit fisik adalah karena adanya gangguan psikologis. Gangguan psikologis yang akan dibahas kali ini adalah dendam. Orang yang memiliki sifat pendendam akan lebih mudah terserang berbagai masalah kesehatan, diantaranya :

1. TBC
Penyakit TBC adalah salah satu penyakit yang menakutkan bagi masyarakat di seluruh dunia. Secara medis, penyakit TBC disebabkan karena paru-paru terinfeksi oleh Mycobacterium tuberculosis. Mycobacterium tuberculosis adalah sejenis bakteri parasit yang sangat membahayakan manusia. Lebih parahnya lagi, infeksi bakteri ini bisa menyerang siapapun.

Jika dilihat dari segi ilmu psikologis, penyakit TBC juga dapat dipicu karena dendam. Jika seseorang memiliki dendam, kemungkinan hatinya tidak pernah merasa tenang dan cenderung memiliki emosi yang berlebih. Orang yang memilki emosi berlebih secara terus-menerus mengakibatkan gangguan pada paru-paru. Oleh karena itu, cintai diri sendiri dan berdamai dengan lingkungan di sekeliling kita.

2. Reumatik
Penyakit kedua yang diakibatkan karena menyimpan dendam pada diri seseorang adalah reumatik. Selain disebabkan karena dendam, penyakit ini juga dipicu oleh gagal dalam urusan percintaan, merasa dicampakkan, dan banyak mengalami kepahitan dalam hidup. Memang benar terbukti kalau masalah psikologis itu bisa menyebabkan gangguan kesehatan.

Jadi, jangan pernah sesekali menyimpan dendam kepada orang lain. Jika kamu ada masalah secara psikologis harus segera diatasi dan diselesaikan. Karena jika tidak, akan berisiko terserang berbagai macam penyakit. Ciptakan pengalaman hidup yang lebih baik dengan memaafkan diri sendiri dan orang lain. Mulai sekarang harus lebih percaya pada diri sendiri dan jangan terlalu bergantung kepada orang lain.

3. Peradangan pada Sendi
Penyakit ini disebabkan oleh faktor-faktor yang mirip dengan penyakit reumatik. Yaitu selain disebabkan karena menyimpan dendam kepada orang lain juga disebabkan oleh perasaan tidak dicintai secara berkepanjangan. Perlu diingat, orang yang kurang mendapatkan cinta dari orang lain secara berkepanjangan akan beresiko terkena gangguan kesehatan.

Maka dari itu, mulai sekarang cobalah biasakan hidup dengan penuh cinta baik kepada diri sendiri maupun kepada orang lain. Mulailah lebih mencintai diri sendiri dengan apa yang telah dimilki. Daripada harus memaksakan diri untuk menjadi orang lain. Jangan pernah membanding-bandingkan diri sendiri dengan orang lain. Hiduplah dengan damai tanpa banyak berkomentar negatif pada diri sendiri dan keadaan orang lain.

4.Gangguan pada Rahang
Dilihat dari segi ilmu psikologis, orang yang menyimpan dendam membara maupun amarah dan kebencian kepada orang lain akan memicu gangguan pada rahang. Rahang khususnya digunakan untuk makan, berbicara, dan  melakukan aktivitas lain yang berhubungan dengan mulut. Jika rahang mengalami gangguan akan terasa sakit dan nyeri sehingga akan terasa sulit untuk melakukan pergerakan.

Cara menghindari hal tersebut adalah dengan membuat diri sendiri mampu menerima keadaan lingkungan. Dengan kamu bisa menerima keadaan lingkungan sekitarmu tentu akan membuat diri sendiri merasa aman dan nyaman. Untuk melakukan hal itu diperlukan tekad yang kuat supaya mampu merubah hidup yang awalnya penuh dendam dan amarah.

Ternyata ada banyak sekali masalah-masalah kesehatan yang disebabkan karena sifat pedendam. Oleh karena itu sebisa mungkin kita harus menjauhkan diri agar terhindar dari sifat tersebut. Jika ada orang lain yang berbuat salah segeralah maafkan dia. Jangan sampai karena masalah tersebut melahirkan sifat pendendam. Sayangi diri kamu dan saling memaafkan.

2 Responses to "Alasan Dendam Menyebabkan Penyakit dan Tak Baik Bagi Kesehatan"

  1. saya kadang gak sadar ada dendam d hati ... dan saat ini yg paling sering ku alamai suka mangkel/emosi/jengkel.. gmna ini ya

    ReplyDelete
  2. ya tuhan, jauhkanlah hambamu ini dari sifat dendam

    ReplyDelete