Pendidikan Anak Usia Dini Sangat Penting bagi Masa Depan Anak

 

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan oleh orang tua. Karena saat si kecil belajar di PAUD, mereka akan belajar mengenai persiapan sebelum masuk ke pendidikan formal. Bagi orang tua yang menyekolahkan anaknya ke PAUD, mereka akan mengetahui perkembangan kognitif dan emosi anak dengan lebih baik.

Menyekolahkan si kecil di PAUD bisa disebut juga sebagai pemanasan. Karena jika sudah masuk pendidikan formal, si kecil dituntut harus bisa menyelesaikan tugas belajar. Namun bagaimana jadinya jika si kecil belum siap memasuki pendidikan formal. Alhasil, si kecil nanti tidak bisa belajar dengan maksimal. Maka dari itu, menyekolahkan si kecil terlebih dahulu ke PAUD merupakan solusi yang bijak bagi orang tua.

Di PAUD itu pembelajarannya berbeda dengan pendidikan formal pada umumnya. Disini anak-anak lebih banyak bermainnya dibandingkan dengan belajar. Hal ini dikarenakan kebanyakan anak-anak masih suka bermain. Oleh karena itu cara tepat yang dilakukan oleh guru PAUD adalah dengan membiarkan mereka bermain lalu disela-sela mereka bermain akan diberikan pembelajaran

Tidak ada batas usia minimal anak masuk PAUD. Hal ini dikarenakan kesiapan masing-masing anak itu berbeda-beda. Namun kesiapan anak masuk PAUD bisa dilihat dari kemandiriannya. Kemandirian dasar si kecil bisa dilihat kalau dia sudah mampu menggunakan toilet sendiri. JIka anak sudah bisa menggunakan toilet sendiri tentu tidak akan merepotkan orang tuanya ketika belajar di PAUD.

Pertimbangan lain untuk segera menyekolahkan anak di PAUD adalah jika orang tua sibuk bekerja dan tidak ada waktu mengurus anak. Orang tua merasa anaknya harus belajar secara mandiri di lingkungan sekolah. Karena dengan anak belajar mandiri di lingkungan sekolah akan lebih cepat berkembang daripada hanya belajar sendiri di rumah.

Anak-anak yang belajar di PAUD setiap hari akan bermain dengan teman-teman sebayanya. Hal ini sangat baik karena ada banyak hal baru yang akan ditemukan disini. Mereka akan saling membantu satu sama lain ketika sedang bermain. Tentu kepedulian si kecil untuk berperilaku tolong-menolong sudah dibangun sejak usia dini.

Anak yang sejak kecil terbiasa bercengkrama dengan lingkungan sosial kelak akan menjadi orang yang percaya diri. Mereka dapat dengan mudah bergaul di lingkungan tempat tinggalnya. Dengan begitu, si kecil kelak akan tumbuh menjadi orang mudah beradaptasi di lingkungan manampun. Masalah-masalah sosial yang dihadapinya juga dapat dengan mudah diselesaikan.

Hal yang harus diketahui orang tua adalah jangan pernah memaksakan kehendak anak. Jika si kecil belum mau masuk PAUD karena masih asik bermain, sebaiknya orang tua tidak harus memaksanya. Karena anak juga bisa mengetahui sendiri kapan ia siap masuk ke dunia pendidikan. Orang tua juga harus memberikan pengarahan secara perlahan agar si kecil tidak kaget saat baru pertama kali memasuki dunia pendidikan.

Kepekaan orang tua terhadap anak harus ditingkatkan. Jangan sampai karena orang tua yang kurang peka malah dapat menimbulkan masalah pada anak. Karena anak-anak masih sangat membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Jangan sampai anak-anak merasa kurang diperhatikan oleh orang tuanya. Jika hal tersebut terjadi, jangan salahkah jika anak-anak menuntut hak mereka.

Jangan marahi anak ketika mereka sedang asik bermain dan lupa waktu belajar. Biarkan saja terlebih dahulu mereka melakukan aktivitas yang mereka kehendaki. Jika mereka sudah lelah bermain barulah kita coba bujuk mereka untuk belajar. Tidak usah belajar yang berat-berat terlebih dahulu. Cukup yang ringan-rigan saja namun mereka menyukainya.

0 Response to "Pendidikan Anak Usia Dini Sangat Penting bagi Masa Depan Anak"

Post a Comment