Mengenali Depresi pada Diri Sendiri dengan Mudah


Manusia hidup dipenuhi dengan masalah. Banyaknya masalah yang menimpa kehidupan seseorang membuatnya menjadi depresi.  Pengidapnya akan merasakan kesedihan berlebih dan keputusasaan dalam menjalani hidup. Bahkan lebih parahnya lagi kalau orang yang mengidap depresi akan berujung pada keinginan untuk bunuh diri.

Depresi merupakan hal yang tidak boleh disepelekan. Umumnya seseorang yang mengidap depresi terlihat biasa-biasa saja. Hal ini dikarenakan depresi tidak selalu mudah diidentifikasi. Gejala dan penyebab depresi itu beragam dari satu orang dengan orang lainnya. Dan pengidapnya merasa kesulitan untuk menceritakan keadaan dirinya kepada orang lain.

Perlu kamu ketahui kalau depresi itu berbeda dengan perasaan sedih atau terpuruk. Meskipun orang yang depresi kebanyakan merasa sedih. Namun kesedihan orang yang depresi jauh lebih mendalam dibandingan dengan perasaan sedih pada umumnya. Orang yang depresi akan kehilangan semangat untuk hidup. Mereka sukar mendapatkan kesenangan maupun kegembiraan.

Pengidap depresi akan mudah merasa bosan. Hal-hal yang dulu pernah disukainya menjadi terlihat biasa-biasa saja. Konsentrasi orang yang depresi menjadi lebih sulit. Mereka tidak bisa berpikir jernih dalam menyikapi hal-hal dilingkungan sekitarnya. Melakukan aktivitas sehari-hari menjadi terasa sangat melelahkan.

Depresi dapat membuat seseorang merasa tanpa harapan atau tujuan hidup. Segalanya terasa hampa dan tidak ada upaya untuk membuatnya merasa lebih baik. Seseorang yang depresi merasa tidak ada orang yang bisa membuatnya bahagia. Mereka merasa sendiri dan bersikap tertutup terhadap lingkungan sekitar. Perasaan tidak berharga dan gagal dalam segala hal selalu menyelimuti pikirannya.

Mereka akan fokus memikirkan kejadian dan pengalaman negatif yang ada pada dirinya. Sehingga kualitas yang ada pada dirinya menjadi terabaikan. Orang yang depresi akan mengalami susah tidur. Hal ini dikarenakan mereka selalu memikirkan masalah yang sedang dihadapinya. Akibatnya tingkat energi mereka menjadi sangat rendah seolah-olah tidak bisa bangun dari tempat tidur.

Secara fisik orang yang depresi terlihat sehat. Tetapi sebenarnya mereka mengalami kelelahan sepanjang waktu. Tugas-tugas harian yang sederhana pun tidak bisa dikerjakan. Hal ini dikarenakan mereka yang susah tidur mengakibatkan kondisi kesehatannya berkurang. Jika di siang hari mereka akan terlihat letih dan kerap mengantuk.

Beberapa orang yang depresi juga kehilangan nafsu makan mereka. Hal ini mengakibatkan berat badan mereka menjadi berkurang. Akibatnya badan mereka menjadi kurus dan kering. Penampilan orang yang depresi menjadi sangat buruk. Karena mereka telah kehilangan semangat hidup, maka mereka bersikap masa bodoh dengan penampilannya.

Jika kamu mengalami tanda-tanda tersebut akibat beban pikiran, mungkin kamu sedang mengalami depresi. Maka dari itu, cepat selesaikanlah masalah yang ada pada diri kamu agar terhindar dari penyakit depresi. Karena perjalanan hidup kamu itu masih sangat panjang. Jangan habiskan sisa umurmu dengan memikirkan kegagalan dalam hidup. Segeralah kamu bangkit dari keterpurukan.

0 Response to "Mengenali Depresi pada Diri Sendiri dengan Mudah"

Post a Comment