Mengajarkan Anak Berhemat dengan Sangat Mudah dan Efektif


Kebanyakan orang tua selalu menuruti keinginan si kecil. Hal ini dikarenakan terlalu sayangnya orang tua terhadap si kecil. Akibatnya si kecil tumbuh menjadi orang yang manja. Mereka suka membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan. Kebiasaan ini membuatnya menjadi orang yang boros karena keinginannya yang selalu berlebihan.

Bagi orang tua harus mengajarkan anaknya berhemat sejak kecil. Karena dengan si kecil bisa mengatur uangnya sendiri, akan menjadikan hidupnya kelak menjadi lebih baik. Pepatah mengatakan “hemat pangkal kaya”. Mengajarkan perilaku hemat kepada si kecil itu sangatlah mudah. Orang tua cukup melakukannya dengan cara pintar yang sangat mudah dan efektif ini :

1. Mengajarkan Anak tentang Kebutuhan dan Keinginan
Anak kecil umumnya tidak mengetahui keinginan maupun kebutuhan. Ia hanya berpikir semua hal yang diminta dapat segera terpenuhi. Orang tua perlu mengajarinya perbedaan antara keinginan dan kebutuhan. Karena dengan si kecil tahu akan hal ini, ia akan mempertimbangkan hal yang ia minta kepada orang tua.

Orang tua bisa mengajarkan si kecil secara pelan tapi pasti. Jika si kecil meminta makanan, orang tua harus segera memberikan apa yang ia inginkan. Namun jika si kecil meminta mainan, orang tua harus memberikan nasihat kalau selain mainan masih ada banyak hal yang harus dipenuhi. Dengan begitu si kecil akan berpikir mana hal yang sebaiknya diminta maupun tidak diminta.

2. Mengajarkan Anak untuk Memenuhi Keinginannya Sendiri
Jika anak menginginkan sesuatu, biasakan agar mereka untuk berusaha terlebih dahulu untuk mendapatkannya. Selain untuk menghindari anak bersifat boros, hal ini juga akan melatih kerja keras anak sejak dini. Jika mereka tidak bisa memenuhinya, maka jangan berikan apa yang mereka inginkan. Dengan begitu, si kecil akan mempunyai mental pekerja keras.

Tentunya orang tua harus mengajarkan si kecil agar rajin menabung. Dengan begitu, anak dapat membeli barang yang mereka inginkan dari hasil usahanya sendiri. Cara sederhana yang bisa diajarkan adalah menyuruh si kecil untuk menyisihkan uang sakunya untuk membeli keperluannya sendiri. Hal ini akan membuat si kecil lebih mandiri.

3. Ajak Anak untuk Ikut Bakti Sosial
Kesadaran untuk bakti sosial harus diajarkan sejak dini. Orang tua bisa mengajarkan kepada anak dengan mempraktikannya secara langsung di lingkungan sosial. Dengan begitu, mereka bisa melihat masih banyak sekali orang diluar sana yang masih membutuhkan bantuan. Hal ini akan membuat anak lebih bersyukur dari apa yang mereka peroleh saat ini.

Dengan mereka yang sudah pandai bersyukur, akan membuatnya menjadi orang yang lebih menghargai suatu hal.  Mereka tidak akan lagi mengahambur-hamburkan sesuatu yang di luar sana masih banyak orang yang membutuhkan. Keadaan ini akan membuatnya intropeksi diri lebih dalam tentang perbuatan yang dilakukannya selama ini.

4. Berikan Sesuatu Kepada Anak Secukupnya Saja
Saat anak diberikan sesuatu yang lebih, mereka akan mudah untuk menggunakan seenaknya. Mulailah orang tua untuk memberikan uang jajan kepada anak secukupnya saja. Hal ini dilakukan agar mereka bisa belajar mengatur uang dengan baik sejak dini. Karena mengajarkan anak agar berhemat itu dimulai dari kebiasaan.


Perlu diketahui, kalau pikiran anak kecil itu masih sangat sederhana tidak seperti orang dewasa. Sifat boros anak-anak memang masih terbilang hal yang wajar. Namun, bila tidak segera diatasi nanti bisa terbawa sampai dewasa. Bimbinglah si kecil dengan pelan dan sabar agar menjadi pribadi yang tidak boros. Jangan lupa juga berikan pujian kepada si kecil kalau dia sudah bisa berhemat.

0 Response to "Mengajarkan Anak Berhemat dengan Sangat Mudah dan Efektif"

Post a Comment