Ibu Sebagai Pendidik Pertama dan Utama bagi Anak


Pendidikan pertama seorang anak adalah di keluarganya sendiri. Anak pertama kali belajar dengan ibunya. Dimana anak akan belajar banyak hal sejak lahir sampai ia tumbuh dewasa. Mereka belajar dari apa yang dilihat maupun didengar dari lingkungan keluarganya. Disinilah peran keluarga sangat penting terhadap tumbuh kembang seorang anak.

Seorang wanita dikatakan berhasil jika ia mampu mendidik anaknya menjadi pribadi yang baik. Terbukti bagi wanita karir walaupun ia telah sukses di pekerjaannya, namun belum bisa dikatakan berhasil jika pendidikan anaknya masih belum bagus. Oleh karena itu, wanita merupakan sosok terpenting untuk membentuk masa depan anak.

Ibu merupakan orang pertama yang membangun karakter anak. Ia adalah satu-satunya orang yang paling paham tentang apa yang anaknya alami. Walaupun anak tidak selalu menceritakan hal yang dialaminya, ibu pasti mengetahui apa yang sebenarnya anaknya rasakan. Karena naluri ibu terhadap anaknya itu sangatlah kuat.

Ibu tidak selalu harus menjadi sosok orang tua bagi anaknya. Namun ia bisa menjadi sahabat maupun teman bermainnya juga. Karena ibu juga harus mengikuti perkembangan anaknya. Bukan anak yang harus mengikuti ibunya. Karena zaman sekarang sudah berubah tidak seperti zaman siti nurbaya lagi. Ketika ibu menjadi sosok segalanya bagi anak, mereka akan lebih terbuka dan menceritakan apapun yang dialaminya. Pangkuan ibu bisa menjadi tempat terhangat seorang anak.

Jika hubungan antara ibu dan anak berjalan dengan baik, maka akan menanamkan karakter jujur pada anak. Selain itu, karakter disiplin juga akan tertanam pada anak. Ibu selalu mengajarkan anak untuk selalu bangun pagi, mengatur waktu makan, bahkan sampai waktu tidur. Berbagai hal yang baik telah diajarkan ibu kepada anak sedari kecil. Dengan harapan agar anaknya mampu menjadi orang yang sukses di masa depan.

Ibu mengatur anaknya melalui pendekatan bukan dengan paksaan. Ada kesepakatan waktu antara ibu dan anak. Dimana anak diberi kebebasan untuk melakukan hal yang disukainya. Namun dibatasi oleh waktu yang telah disepakati sebelumnya. Sehingga anak dapat berkembang sesuai potensinya dan mempunyai sikap disiplin dengan menghargai waktu.

Dapat dilihat hasilnya dari bagaimana ibu yang telah mengatur waktu anaknya menjadi lebih baik. Kedepannya anak akan belajar untuk terus tepat waktu. Ibu juga yang menemani anaknya ketika belajar. Anak bisa membaca maupun menulis karena diajarkan pertama kali oleh ibunya. Jadi, anak tidaklah tahu apa-apa jika tidak ada sosok ibu dalam hidupnya.

Bimbingan belajar terbaik atau semahal apapun tidak akan bisa menyaingi pembangunan karakter dari ibu. Oleh karena itu, ibu harus meluangkan banyak waktu untuk mendidik anak. Ibu harus lebih memahami keadaan anak agar tumbuh kembang seorang anak menjadi lebih baik. Karena sosok ibu itu dikenal sebagai pendidik terhebat yang pernah ada.

0 Response to "Ibu Sebagai Pendidik Pertama dan Utama bagi Anak"

Post a Comment