Cara Pintar Buat Ibu Baru agar Tidak Selalu Begadang


Lahirnya si kecil ke dunia menghadirkan sejumlah konsekuensi bagi orang tua. Salah satunya adalah waktu tidur bunda yang berkurang. Namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan bagi seorang bunda baru. Karena disini ada solusi pintarnya agar bunda tidak selalu tidur larut malam. Perlu dimaklumi kalau bayi yang baru lahir itu tidurnya tidak teratur. Bayi biasa bangun secara tiba-tiba untuk menyusui.

Seorang bunda baru harus ekstra berjaga di malam hari. Karena harus mengganti popok si kecil akibat pipis maupun buang air besar. Namun waktu tidur yang cukup sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga secara teratur. Menjaga waktu tidur yang cukup sama halnya menjaga kesehatan tubuh.

Dibutuhkan cara yang pintar untuk menghindari dampak negatif akibat kurang tidur. Karena jika seseorang kurang tidur akan mengganggu aktivitasnya sehari-hari. Otak tidak dapat bekerja dengan baik. Kondisi emosional seseorang juga akan terganggu. Kalau bunda sampai sakit lalu siapa nanti yang akan merawat si kecil.

Cara pintar yang harus bunda praktekan adalah ikut tidur saat bayi sedang tidur. Bagi bunda baru sering kali lupa melakukan cara seperti ini karena sibuk mengurus urusan bayi dan rumah tangga. Jika ada kesempatan bagi bunda untuk beristirahat maka gunakanlah waktu itu dengan sebaik-baiknya. Jangan lewatkan kesempatan emas ini karena bunda harus menghemat energi untuk melakukan aktivitas lainnya.

Bayi yang baru lahir minta disusui setiap saat. Justru ini adalah kesempatan yang bagus untuk bunda bisa beristirahat. Dengan menyusui bayi sambil berbaring, seorang bunda bisa tidur sambil menyusui. Bagi bunda harus menemukan posisi saat menyusui senyaman mungkin. Karena dengan kondisi yang nyaman pasti tidak ada kesulitan bagi seorang bunda untuk tidur.

Jika ayah sudah pulang kerja bisa bergantian untuk mengurus si kecil. Bunda yang sejak pagi sampai sore telah mengurus si kecil akhirnya bisa beristirahat. Saat si kecil ingin menyusui gantian bunda yang mengurusnya. Setelah si kecil selesai menyusui bisa gantian ayah yang mengurusnya. Cara ini bisa dilakukan secara terus-menerus secara bergantian.

Hubungan yang harmonis harus dijaga dalam sebuah keluarga. Jangan sampai ada pihak yang berkeinginan untuk menang sendiri. Karena mengurus bayi tidak semudah yang kita bayangkan. Diperlukan kesabaran dan keuletan yang tinggi dalam mengurus bayi. Manajemen waktu yang tepat juga diperlukan agar efektif dalam mengurus bayi.

0 Response to "Cara Pintar Buat Ibu Baru agar Tidak Selalu Begadang"

Post a Comment