Cara agar Anak Cepat Bicara dengan Lancar


Kemampuan berbicara merupakan salah satu kemajuan paling penting yang akan dicapai si kecil seiring berjalannya waktu dan usia. Namun hal ini tidak berarti kalau seorang bunda hanya duduk berdiam dan menunggu sampai si kecil mengeluarkan kata-kata pertama yang lucu. Kalau bukan bunda yang melatih si kecil berbicara lalu siapa lagi?

Bunda bisa melatih si kecil berbicara dengan mengenalkan kepadanya berbagai kata. Yang perlu diingat adalah bunda harus sesering mungkin berbicara dengan si kecil. Walaupun si kecil belum bisa menjawab atau menirukan apa yang dikatakan bunda, namun pendengaran si kecil akan terangsang dengan kata-kata yang diucapkan bunda.

Sebelum tidur si kecil bisa dinyanyikan lagu pengantar tidur maupun mendengarkan cerita dongeng. Hal ini akan membantu si kecil dalam mengambil kata-kata yang didengar sehingga membentuk ingatan jangka panjang si kecil. Sehingga otak si kecil nanti akan bekerja untuk mengingat kembali kata-kata yang telah didengar dan mulai bisa berbicara dengan lancar.

Memperkenalkan benda kepada si kecil melalui gambar akan membantunya mengambil kata-kata dan informasi secara lebih cepat. Bunda bisa melakukannya dengan menunjuk gambar pada buku dan memberitahukan namanya dengan singkat. Hal ini tentu tidak hanya merangsang pendengaran si kecil, namun si kecil juga ikut belajar mengenal benda yang dilihatnya.

Jika si kecil sudah mengenal benda dengan gambar melalui buku, sekarang saatnya si kecil mengenal dunia luar. Dunia luar si kecil itu sendiri adalah lingkungan tempat tinggalnya. Bunda bisa mengajak si kecil untuk bermain di luar dan membantunya mengenal benda-benda yang baru pertama dilihatnya.

Perlu diingat untuk bunda kalau si kecil itu mengambil banyak hal dari melihat dan mengambil petunjuk dari apa yang didengarnya. Jika si kecil menunjuk benda tertentu, maka bunda harus segera memberitahukannya kepada si kecil. Hal ini dilakukan agar si kecil cepat mengetahui benda-benda di sekitarnya dengan mudah.

Jika si kecil sudah bisa mengeluarkan kata-kata pertamanya “mama” maupun “papa”, bunda harus mengajarkan kosakata lebih lanjut kepada si kecil. Misalnya dengan cara menanyakan kepada si kecil “siapa papamu?” atau “siapa ibumu?”. Dengan cara ini si kecil akan mulai berpikir dan berusaha mencari jawaban dari pertanyaan bunda.

Cara ini harus dilakukan bunda dengan tekun dan sabar. Jangan pernah marah dalam mendidik si kecil apalagi sampai mengeluarkan kata-kata kotor di hadapan si kecil. Jika si kecil sampai mendengar kata-kata kotor, ia juga akan menirukannya. Tentu tidak baik kalau si kecil mengucapkan kata-kata kotor milik orang dewasa. Maka dari itu, jagalah si kecil secara baik-baik.

0 Response to "Cara agar Anak Cepat Bicara dengan Lancar"

Post a Comment