Anak Sering Bersama Ayah Membuatnya Semakin Pintar


Selamat jika kamu sekarang sudah menjadi ayah baru. Sebagai seorang ayah, kamu pasti menginginkan agar si kecil  menjadi jagoan. Jagoan yang dimaksud adalah jago dalam ilmu pengetahuan. Keinginan itu sangat mudah terwujud bila kamu lebih sering menghabiskan waktu bersama si kecil. Karena salah satu manfaatnya adalah dapat meningkatkan perkembangan mental dan kognitifnya.

Interaksi yang baik antara anak dan ayah dalam beberapa bulan pertama dapat meningkatkan IQ si kecil. Karena ayah dalam mendidik si kecil itu sangatlah kreatif. Berbeda dengan bunda yang terkadang memanjakan si kecil. Hal ini tentu akan membedakan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Hasil memperlihatkan kalau ayah sering bersama si kecil akan membuat anak memiliki ketrampilan berpikir yang lebih unggul.

Memang banyak sekali faktor lain yang berpengaruh besar terhadap perkembangan anak. Namun interakasi yang dekat antara ayah dan anak merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kecerdasan. Faktor ini juga tidak menentukan jenis kelamin anak. Dengan demikian, baik itu anak berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan memiliki pengaruh positif jika dekat dengan ayah.

Anak yang sering berinteraksi dengan ayah akan lebih tenang. Karena anak terbiasa melihat sikap ayahnya yang tenang dalam menghadapi persoalan. Selain itu, anak akan lebih berkembang juga dalam penyelesaian masalah, mempelajari bahasa, dan interkasi sosial. Hal ini tentu menunjukan perkembangan kognitif anak yang lebih baik.

Bagi kamu sebagai seorang ayah, harus sering berinteraksi dengan anak. Walaupun dengan kesibukan yang sedang kamu jalani. Namun kamu harus sebisa mungkin meluangkan waktu sedikit bersama anak. Lebih baik lagi jika kamu melakukannya di awal masa kanak-kanak awal sampai akhir. Hal ini mengingat karena begitu banyaknya manfaat yang diperoleh anak.

Ayah bisa berinteraksi dengan anak dengan membacakannya cerita dongeng. Karena aktivitas ini akan mendorong kemampuan anak dalam berpikir. Anak akan patuh dan mendengarkan dongeng yang di bacakan ayah. Dengan begitu, si kecil akan lebih mengangumi kamu sebagai seorang ayah.  Hal ini tentu akan membuat perkembangan si kecil menjadi lebih baik.

Jika sosok ayah menjadi orang yang dikagumi si kecil, maka akan menumbuhkan sikap kompetesi antara si kecil dengan ayah. Ini merupakan hal yang sangat bagus. Karena si kecil akan belajar dengan rajin agar nanti bisa seperti ayahnya. Lebih baiknya lagi kalau si kecil itu mempunyai pikiran kalau dia itu harus melampaui kesuksesan ayahnya sekarang.

Tentu motivasi persaingan dalam keluarga ini merupakan hal yang sangat baik. Dengan begitu, si kecil akan tumbuh menjadi orang yang berani dan penuh percaya diri. Pasti hal demikian yang diinginkan oleh seorang ayah. Jika si kecil bisa mengalahkan kamu sebagai seorang ayah, pasti kamu akan merasa lebih bangga dibandingkan jika kamu masih menang melawan si kecil. 

3 Responses to "Anak Sering Bersama Ayah Membuatnya Semakin Pintar"