Perhatikan Usia Ideal Anak Siap Masuk SD agar Mampu Belajar dengan Baik



Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya masuk SD terlalu dini. Karena orang tua menganggap anaknya sudah mampu membaca, menulis dan berhitung. Padahal usia ideal yang baik untuk masuk SD adalah 7 tahun. Di usia 7 tahun, anak dianggap sudah siap mental dan intelektualnya untuk mengikuti pembelajaran di SD.

Pada usia 5-6 tahun anak masih dalam tahap perkembangan keterampilan sosial. Mereka masih suka bermain, berlari, dan sulit diam pada suatu tempat. Sedangkan untuk belajar di SD anak harus sudah bisa serius mengikuti pelajaran di kelas dengan ruang yang terbatas. Anak yang terlalu dini masuk SD umumnya bermasalah karena mereka belum bisa berkonsentrasi dalam belajar.

Dengan memperhatikan usia ideal anak masuk SD akan membantu mereka dalam belajar. Anak yang sudah mampu berkonsentrasi dengan baik akan membuatnya lebih mudah memahami pelajaran di sekolah. Misalnya dalam menulis, anak sudah lebih mampu melakukannya sendiri tanpa bantuan orang dewasa.

Di jenjang SD anak tidak lagi akan mendapat perhatian seperti di TK. Mereka diharapkan mampu lebih mandiri tanpa harus selalu bergantung dengan orang tua. Di usia yang ideal, diharapkan anak sudah mempunyai mental yang siap. Misalnya jika anak ingin pipis di toilet umum sekolah, mereka bisa melakukannya sendiri tanpa harus minta ditemani orang tua.

Guru terkadang memberikan tugas kepada siswanya untuk dikerjakan dirumah. Anak yang sudah siap kemampuan kognitifnya akan berusaha mengerjakan PR yang diberikan oleh gurunya. Sedangkan anak yang masih terlalu dini akan lebih mudah menyerah terhadap tugas yang diberikan atau tidak mau mengerjakannya karena masih lebih suka bermain.

Dengan demikian, sebaiknya orang tua jangan terlalu dini menyekolahkan anaknya. Lihat kondisi anak karena perkembangan setiap anak itu berbeda-beda. Biarkan anak berkembang dengan baik sesuai masanya, jangan terburu-buru memaksakan anak masuk SD jika mental dan kemampuan intelektualnya belum siap. Karena keberhasilan anak dalam belajar juga ditentukan dengan usia yang ideal pada saat masuk SD.

0 Response to "Perhatikan Usia Ideal Anak Siap Masuk SD agar Mampu Belajar dengan Baik"

Post a Comment