Motivasi adalah Kunci Meningkatkan Kinerja


Motivasi merupakan dorongan yang timbul dari dalam diri individu yang menimbulkan suatu gerakan atau perbuatan. Motivasi berperan penting untuk meningkatkan kinerja seseorang. Bagi kamu yang malas bekerja? mungkin kamu butuh motivasi untuk meningkatkan kinerjamu.

Dalam pelaksanaannya, motivasi dilakukan kepada seseorang dengan strategi tertentu, diantaranya : positive reinforcement, effective discipline & punishment, base rewards on job performance.

Positive Reinforcement disebut sebagai tindakan positif yang diikuti hasil positif (manajer memuji karyawan sehingga ia menjadi lebih produktif dalam bekerja)

Negative Reinforcement disebut sebagai perilaku positif diikuti dengan penghapusan konsekuensi negatif (manajer berhenti mengomeli karyawan agar karyawannya tidak selalu tertekan)

Punishment disebut sebagai perilaku negatif diikuti dengan hasil yang buruk (manajer menurunkan jabatan karyawannya agar ia memahami kesalahannya supaya tidak terulang kembali)

Extinction disebut sebagai perilaku negatif diikuti dengan penghapusan konsekuensi positif (manajer mengabaikan kinerja karyawan)

Ada pendapat yang mengungkapkan bahwa jika seseorang diberikan penghargaan maka ia akan memiliki motivasi yang lebih besar dari sebelumnya dan menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Motivasi bisa datang dari dalam diri individu dengan keinginan memperoleh prestasi dengan mengerjakan sesuatu dan memiliki kenyamanan dalam bidang yang sedang dikerjakan. Adapun motivasi yang datangnya dari luar dengan berharap pengakuan sosial, mendapatkan uang lebih,  dan keinginannya untuk terkenal.

0 Response to "Motivasi adalah Kunci Meningkatkan Kinerja"

Post a Comment