Pembentukan Memori secara Singkat dan Mudah di Pahami

Memori menurut Passer dan Smith (2007) adalah suatu proses yang meliputi perekaman, penyimpanan, pemanggilan informasi atau pengalaman. Pertama kali diteliti oleh Sir Frederic Bartlet yang menyimpulkan bahwa memori itu pada dasarnya adalah proses rekonstruksi yang sangat besar.

Memori sendiri terletak di otak bagian depan yaitu pada limbic system yang sangat penting dalam proses pembentukan memori. Karena pada bagian limbic system terdapat serebral penting yaitu amigdala dan hippocampus.



Amigdala penting dalam pemrosesan memori emosional. Sedangkan hippocampus sangat berperan dalam pembentukan memori pembelajaran spasial dan deklaratif.

Proses penyimpanan memori terjadi ketika kita mendapatkan informasi pada proses sensory memory. Lalu ada proses pengkodean informasi oleh otak ketika informasi tersebut bertahan lebih dari 1,5 detik.

Maka informasi akan diteruskan ke short term memory yang berfungsi untuk penyimpanan memori sementara. Setelah informasi yang kita terima bertahan hingga 15 detik, maka akan dilanjutkan ke proses long term memory.

Dimana long term memory merupakan penyimpanan memori permanen dan dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Untuk dapat mengingat lebih kuat kita harus sering mengulang kembali informasi tersebut. Sehingga informasi itu dapat disimpan secara permanen oleh long term memory.

0 Response to "Pembentukan Memori secara Singkat dan Mudah di Pahami"

Post a Comment