Mari Kita Renungkan Beberapa Masalah Sosial ini


Masalah sosial menyangkut nilai-nilai sosial dan moral. Masalah tersebut merupakan persoalan karena menyangkut tata kelakuan yang berlawanan dengan hukum dan bersifat merusak.

Pokok masalah sosial adalah adanya perbedaan yang mencolok antara nilai-nilai dengan kondisi nyata kehidupan. Berikut ini adalah beberapa masalah sosial yang penting dan menjadi persoalan yang dihadapi masyarakat, yaitu :

1. Kemiskinan
Keadaan dimana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mampu memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok tersebut.

Pada masyarakat modern seseorang merasa miskin bukan karena kurang makan, pakaian, atau perumahan. Akan tetapi karena harta miliknya dianggap tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada.

2. Kejahatan
Kejahatan disebut sebagai perilaku yang bertentangan dengan nilai dan norma hukum. Untuk mengatasi masalah kejahatan dilakukan dengan tindakan preventif dan represif (melakukan rehabilitasi baik menghukum maupun menjadikan orang jahat menjadi orang biasa).

Masalah kejahatan yang banyak mendapatkan perhatian adalah kejahatan yang dilakukan oleh pengusaha dan pejabat  yang "terlihat baik" tetapi sebenarnya ia sedang melakukan tindak kejahatan yang merugikan bagi banyak orang.

3. Disorganisasi Keluarga
Perpecahan keluarga sebagai suatu unit karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yang sesuai dengan peranan sosialnya. Bentuk-bentuknya seperti unit keluarga yang tidak lengkap karena hubungan di luar nikah, putusnya perkawinan akibat perceraian atau pisah ranjang.

4. Masalah Generasi Muda dalam Masyarakat Modern
Generasi muda biasanya mengalami masalah sosial dan biologis, dimana mereka menganggap secara biologis sudah dewasa tetapi secara sosial masih diperlukan proses belajar memahami norma dan nilai dalam masyarakat.

Selain itu proses pendewasaan masih perlu bimbingan terutama dari orang tua karena mereka dalam proses pembentukan kepribadian dan belum ada pegangan.

5. Pelanggaran terhadap Norma Masyarakat
Kebutuhan masyarakat yang semakin hari kian meningkat menimbulkan  masyarakat kalangan tertentu melakukan tindakan-tindakan diluar norma masyarakat. Tindakan tersebut dilakukan dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan mereka bagi orang yang pemalas dan ingin mendapatkan sesuatu dengan mudah.

a. Pelacuran
Pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri pada umum untuk melakukan perbuatan seksual dengan mendapatkan upah. Faktor penyebabnya antara lain : faktor ekonomis, urbanisasi, nafsu kelamin yang besar, dan keinginan yang besar untuk hidup mewah.

b. Dilenkuensi Anak
Perbuatan anak-anak muda yang tergabung dalam ikatan/organisasi yang mempunyai tingkah laku kurang/tidak disukai masyarakat pada umumnya. Perbuatan tersebut meliputi pencurian, pencopetan, perampokan, penganiayaan, dan pelanggaran susila.

c.Homoseksualitas
Seseorang cenderung mengutamakan orang yang sejenis kelaminnya sebagai mitra seksual. Dorongan ini diarahkan oleh faktor sosial, artinya dipelajari dari pengalaman-pengalaman sosial, adat istiadat, lingkungan sosial dan pengaruh orang-orang disekitarnya.

6. Masalah Kependudukan
Penduduk suatu negara merupakan sumber pembangunan yang sangat penting karena berfungsi sebagai obyek sekaligus subyek pembangunan. Tanggung jawab utama negara adalah meningkatkan kesejahteraan penduduk dan mengambil langkah-langkah pencegahan terhadap gangguan kesejahteraan. Hal ini dapat dilakukan dengan program keluarga berencana dan transmigrasi.

0 Response to "Mari Kita Renungkan Beberapa Masalah Sosial ini"

Post a Comment