Kenapa Anak Pertama Merasa Orang Tua Itu Pilih Kasih terhadap Adiknya


Menjadi anak pertama itu merupakan hal yang sangat menyenangkan. Awalnya mereka sangat disayang dan diberikan perhatian penuh oleh orang tuanya. Apapun yang mereka inginkan dapat dengan mudah diperoleh. Karena anak pertama disebut sebagai harta paling berharga yang dimiliki orang tua sebagai hasil dari cinta kasih mereka.

Namun dengan hadirnya seorang adik terkadang si kakak berpikir kalau orang tua mereka itu lebih perhatian kepada adiknya. Hal ini dirasakan karena jika adiknya minta sesuatu langsung dikasih. Sedangkan jika si kakak yang minta dikasihnya itu lama bahkan terkadang tidak dikasih. Hal sederhana seperti inilah yang membuat si kakak berpikir kalau orang tua mereka itu pilih kasih.

Jika seorang adik yang mengganggu si kakak, orang tua berkata "Kamu harus mengalah dengan adikumu". Sedangka jika si kakak yang terkadang usil terhadap adiknya, orang tua berkata "kamu itu harus bisa menjaga adikmu". Mungkin sebagai seorang kakak yang belum tumbuh dewasa tidak akan mengerti kalau sebenarnya yang dikatakan oleh orang tua itu benar.

Sebagai anak pertama yang dulu penuh dengan perhatian. Namun sekarang perhatian orang tuanya harus dibagi dengan adiknya. Hal ini tentu akan terasa sangat berbeda bagi anak pertama. Mereka menuntut orang tuanya agar selalu perhatian penuh terhadapnya tanpa menghiraukan seorang adik. Kasihan nanti sebagai seorang adik kalau tidak diberikan perhatian penuh oleh orang tuanya saat ini.

Seharusnya kakak tidak menjadi orang yang egois. Karena mereka dulu telah mendapatkan kasih sayang yang luar biasa dari orang tua mereka. Bahkan kasih sayang itu melebihi kasih sayang yang diberikan oleh orang tua kepada adiknya. Tidak perlu iri hati jika sekarang orang tua lebih perhatian kepada seorang adik.

Kakak seharusnya menjadi contoh yang baik buat adiknya. Bukan malah menjadi pesaing buat adiknya karena pikiran yang salah tersebut. Berbagi kasih antara kakak dengan adik akan membuat hubungan saudara yang harmonis. Tidak hanya keluarga saja yang harmonis, tapi hubungan saudara juga harus harmonis. Karena ketika sudah punya kehidupan sendiri masing-masing nanti mereka akan saling membantu untuk mencapai kehidupan yang sejahtera.

0 Response to "Kenapa Anak Pertama Merasa Orang Tua Itu Pilih Kasih terhadap Adiknya"

Post a Comment