Alasan Mengapa Semua Orang Harus Mempelajari Ilmu Psikologi


Ilmu Psikologi banyak memberikan manfaat bagi kehidupan seseorang. Sebagai manusia yang hidup di lingkungan sosial, ilmu Psikologi sangat membantu kita untuk menjadi pribadi yang dilihat baik di lingkungan masyarakat. Dengan berdasar ilmu ini, kita mampu mengendalikan tingkah laku yang sesuai dengan yang diharapkan.

Dengan mempelajari Psikologi orang dapat mengetahui fakta-fakta dan prinsip-prinsip mengenai tingkah laku manusia. Ini penting untuk mengetahui kehidupan jiwa manusia terlebih dahulu, orang harus mengetahui tingkah lakunya.

Sedikit banyaknya orang akan mengetahui kehidupan jiwanya sendiri baik segi pengenalan perasaan, kehendak maupun tingkah laku lainnya. Pengetahuan terhadap diri sendiri ini sengat perlu sebab orang yang tidak mengetahui diri sendiri tidak akan dapat menyesuaikan dirinya dengan baik kepada orang-orang lain dan dirinya sendiri.

Dengan mengetahui jiwanya dan memahami dirinya itu maka orang dapat menilai dirinya sendiri. Evaluasi terhadap diri sendiri ini perlu agar dapat diketahui apakah diri ini wajar atau tidak. Kalau ternyata tidak wajar maka dapat diselidiki faktor-faktor yang menjadi penyebabnya. Apabila sudah diketahui sebab-sebabnya maka dapat diusahakan segera untuk diperbaiki agar dapat normal kembali.

Pengenalan dan pemahaman terhadap jiwa sendiri merupakan bahan yang sangat penting untuk dapat memahami kehidupan jiwa orang lain. Pemahaman akan diri sendiri dan orang lain akan memungkinkan individu dapat meramalkan tingkah laku orang.

Jadi, Psikologi yang dimiliki dapat memiliki sikap kritis terhadap tindakan yang akan dilakukan agar tidak terjadi gejolak psikis yang tidak menguntungkan baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain.

Dengan bekal pengetahuan Psikologi juga dapat dipakai sebagai bahan untuk menilai/memeriksa tingkah laku normal sehingga dapat diketahui apakah tingkah laku seseorang itu sesuai dengan tingkat kewajaran/kenormalannya.

0 Response to "Alasan Mengapa Semua Orang Harus Mempelajari Ilmu Psikologi"

Post a Comment