Tipe Kepribadian didasarkan Bentuk Tubuh Menurut Sheldon


Sheldon mengungkapkan bahwa kepribadian seseorang dapat dilihat dari bentuk tubuhnya. Ia membagi bentuk tubuh seseorang menjadi tiga macam, diantaranya adalah ectomorph, endomorph, dan mesomorph.

a. Ectomorph
Pada golongan ini organ-organ yang berasal dari ectoderm yang dominan (kulit dan sistem syaraf yang berperan penting). Nampak dari luar terlihat jangkung, dada kecil berbentuk pipih, lemah, dan otot-otot hampir tidak nampak berkembang.

b. Endomorph
Individu yang komponen endomorph-nya tinggi sedangkan kedua komponen lainnya rendah, ditandai dengan alat-alat dalam dan seluruh sistem digestif (berasal dari endoderm) berperan penting. Nampak dari luar terlihat lembut, gemuk, dan tinggi badan relatif rendah.

c. Mesomorph
Individu yang komponen mesomorph-nya tinggi sedangkan kedua komponen lainnya rendah, maka bagian-bagian tubuhnya yang berasal dari mesoderm relatif berkembang lebih baik daripada yang lain.

Bagian otot-otot, pembuluh darah, dan jantung lebih dominan. Nampak dari luar terlihat kokoh, keras, otot kelihatan bersegi-segi, dan tahan sakit. Bentuk tubuh ini biasanya dimiliki oleh tentara, olahragawan, dan pengelana.

0 Response to "Tipe Kepribadian didasarkan Bentuk Tubuh Menurut Sheldon"

Post a Comment