Awasi Anak Kita dalam Menonton Tayangan Televisi


Menonton tayangan TV merupakan hiburan bagi semua orang. Sekarang hampir semua rumah mempunyai barang elektronik ini. Berkumpul dengan keluarga setelah makan malam sambil menonton TV terasa sangat mengasyikan. Karena di siang hari semua anggota keluarga sibuk bekerja dan melakukan kegiatannya masing-masing.

Di zaman yang serba maju sekarang ini, banyak sekali acara-acara yang ditampilkan di stasiun TV. Namun tidak semua acara TV itu bersifat mendidik. Bahkan sekarang banyak acara-acara yang mengarah ke gosip, provokasi, dan perilaku kejahatan. Sebagai penikmat TV yang baik harus bijak dalam memilih tontonan yang bermanfaat.

Banyak sekali kejahatan yang sebenarnya ditampilkan dalam tayangan TV. Namun terkadang kita tidak menyadari tentang hal itu. Adegan-adegan tidak pantas dalam film drama akan berpengaruh besar bagi anak-anak yang sedang dalam proses belajar. Karena anak-anak belajar dengan meniru kegiatan apapun yang dilihatnya.

Jika anak suka menonton TV, mereka akan lebih sering belajar dalam dunia maya daripada dunia nyata di lingkungan sosialnya. Lebih parahnya lagi kalau apa yang mereka lihat itu adalah perilaku yang kurang sopan. Akibatnya dikehidupan nyata anak akan berperilaku kurang baik karena pengaruh tontonan TV tersebut.

Bagi orang tua yang hobi menonton TV harus bersikap bijak dalam memilih tayangan-tayangan yang bermanfaat. Apalagi kalau nontonnya bersama anak-anak. Pilihlah tayangan yang sesuai dengan umur anak. Jangan sampai anak-anak dibawah umur menonton tayangan-tayangan orang dewasa.

Jika anak-anak dibawah umur menonton tayangan orang dewasa mengakibatkan mereka akan menjadi dewasa sebelum waktunya. Fenomena sekarang ini banyak anak-anak usia SD yang sudah mengenal cinta. Padahal diusia mereka seharusnya sedang giat belajar bukan malah cinta-cintaan dengan temannya.

Gejala anak yang berkembang tidak sesuai umur ini adalah salah satu akibat dari tayangan TV yang ditonton tidak sesuai umur. Awasi anak-anak kamu dalam menonton tayangan TV. Melakukan pencegahan melalui cara yang sangat sederhana ini akan berdampak besar bagi perkembangan anak kamu. Mereka akan mendapatkan hal yang baik dari tontonan yang mereka lihat bukan malah sebaliknya.

0 Response to "Awasi Anak Kita dalam Menonton Tayangan Televisi"

Post a Comment