6 Cara Sukses Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Terbukti Berhasil!


1. Kenali Rasa Ketidaknyamanmu
Semua orang pasti memiliki ketidaknyamanan pada diri sendiri. Misalnya, karena hidung pesek kamu jadi merasa malu dengan teman-temanmu. Kamu pun berencana mengubah bentuk hidung kamu dengan operasi plastik yang mempunyai efek tidak baik bagi diri kamu.

Hal lebih baik yang bisa dilakukan adalah dengan curhat kepada orang terdekat. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang dan lebih mengenal diri sendiri.

2. Kenali Bakat atau Kemampuanmu
Bukan menjadi seberapa besar perasaan ketidaknyamanan yang kamu rasakan. Tetapi ingatlah, kamu masih mempunyai keahlian yang diberikan Tuhan kepadamu. Jadi, temukan bakat yang membuatmu merasa ahli dan jago di bidang tersebut.

Kemudian fokuslah untuk mengembangkannya. Rasa kurang percaya diri atau minder bukanlah pilihan untuk melepaskan ketidaknyamanan pada diri sendiri. Tetapi justru akan memperkuat rasa ketidaknyamananmu.

3. Selalu Berpikir Positif
Kalau kamu selalu membenci diri sendiri, maka orang lain pun akan menganggap seperti itu. Maka dari itu, berbicaralah positif tentang dirimu dan masa depanmu. Jangan pernah takut menunjukan kekuatan dan kualitas yang ada dalam dirimu. Karena dengan cara itulah kamu bisa diakui oleh orang lain.

4. Berpenampilan Rapi
Pakaian yang rapi tidak harus mahal tetapi bersih, nyaman, dan bisa menyesuaikan dengan situasi. Misalnya, kamu datang ke acara formal tidak mungkin kalau kamu mengenakan kaos oblong dan celana pendek. Kamu pasti akan mengenakan pakaian formal dan berdandan rapi dengan pakaian berkerah dengan celana panjang.

Pakaian tidak serta merta membuat orang menjadi lebih berkualitas. Tetapi berpakaian rapi dapat mempengaruhi cara pandang orang lain terhadap dirimu. Coba bayangkan ketika kamu terlihat bagus dihadapan orang lain. Maka kamu juga akan lebih merasa percaya diri.

5. Berjalan Cepat
Dilihat dari gaya berjalan akan terlihat bagaimana kepribadian seseorang. Bahwa orang dengan rasa percaya diri yang bagus akan berjalan lebih cepat. Mereka memiliki tempat yang dituju dan pekerjaan yang dilakukan. Untuk meningkatkan rasa percaya diri, kamu bisa meningkatkan kecepatan langkahmu. Ini akan membuat kamu terlihat dan merasa lebih penting.

6. Jangan Takut Berbicara
Banyak orang yang takut berbicara saat berdiskusi atau rapat. Mereka beranggapan takut ditertawakan, takut pertanyaannya tidak relevan, dan takut berbicara konyol. Tetapi pada kenyataannya, orang lebih bisa menerima kamu daripada yang kamu bayangkan.

Mulai sekarang cobalah berbicara ketika berada dalam forum. Kalau kamu masih merasa takut atau minder, cobalah untuk menuliskan pertanyaan tersebut pada kertas lalu bacalah pertanyaan itu. Kamu harus yakin pada dirimu sendiri , "Saya bisa melakukannya".

1 Response to "6 Cara Sukses Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Terbukti Berhasil!"

  1. min.. tips nya dong.. kenapa ya saat saya habis nasehati orang atau sejenis ceramah gtu kok kalau habis ngomong lalu mersa ada yg ganjal di hati.. mersa bersalah atau ada penyesalan gtu ya.. takut yg d omongin salah dll.. bagi tips mjn🙏

    ReplyDelete